Apa Saja Jenisnya Apabila Cepat Lambat Lagu Disebut Tempo!

Alunan musik indah tidak terlepas dari syairnya. 

Selain itu juga cepat dan lambat lagu disebut tempo. Apa saja jenis tempo itu?

Secara garis besar jenis tempo itu dibagi menjadi tiga yaitu cepat, sedang, dan lambat. Namun, ada perincian yang dapat diketahui melalui jenis tersebut. Inilah 7 jenis-jenis tempo musik:  

Soal : Cepat atau lambat sebuah lagu disebut? 

Pembahasan 

Tempo secara umum adalah sesuatu yang berhubungan dengan cepat lambatnya lagu dinyanyikan (musik dimainkan). Berikut simak penjelasan mengenai jenis jenis tempo : 

1. Presto

Cepat lambat lagu disebut tempo. Lalu apa yang dimaksud presto? Presto adalah jenis tempo yang tingkat kecepatannya paling cepat. Hal ini dikarenakan dalam jenis tempo tersebut mampu mencapai 168 sampai 200 ketukan.

Kecepatan tersebut diukur dari per menitnya. Apabila penasaran dengan contoh lagu dengan tempo presto, ternyata lagu itu sering dinyanyikan saat hari kemerdekaan republik Indonesia pada 17 agustus. Lagu tersebut berjudul hari merdeka.

2. Vivace

Lagu nasional yang sering di dengar dapat menjadi contoh dari tempo Vivace. Lagu itu sebagai pengingat jasa pahlawan di berbagai kota salah satunya di bandung, apalagi jika bukan judul Halo-halo bandung. Selain itu ada juga judul lagu Maju tak gentar.

Tempo vivace termasuk dalam jenis yang cepat. Lebih lambat dari Presto karena beat per minute atau BPM nya hanya mencapai 168 sampai dengan 171. Skalanya pun sama diukur dari per menitnya.

3. Allegro

Sesuai tingkatan tempo cepat ada tiga yaitu Presto, Vivace, dan allegro. Kecepatan dari allegro Lebih lambat dari kedua penjelasan sebelumnya. Cepat lambat lagu disebut tempo. Jenis lagu tempo cepat yang ketiga adalah allegro.

Tingkat kecepatannya diukur dalam skala per menit hanya mencapai interval 120-168 BPM. Lagu yang termasuk dalam jenis tempo allegro memang ada di lagu patriotisme salah satunya adalah berkibarlah benderaku.

4. Moderato

Kali ini masuk pada jenis tempo yang sedang. Lambatnya lagu juga disebut tempo, tapi untuk kecepatan sedang bisa disebut dengan moderato. Sesuai namanya, moderato memiliki kecepatan sedang antara 108 sampai 120 ketukan per menitnya.

Banyak lagu daerah yang termasuk dalam jenis moderato misalnya saja lagu dari Kalimantan Selatan yakni dengan judul Ampar-Ampar Pisang. Selain itu juga ada Soleram yang tentunya lagu berasal dari Riau.

5. Andante

Jenis tempo sedang yang lebih lambat dari moderato adalah andante. Kecepatan per beatnya antara interval 76-108 dalam skala menit. Maka, jenis ini tidak dikategorikan lambat tetapi lebih ke arah sedang ataupun lambat.

Contoh lagu andante dengan tempo sedang seperti itu dapat didengar dari salah satu lagu nasional yang berjudul Syukur. Lagu yang menggambarkan rasa berterima kasih karena telah diberikan anugerah kemerdekaan.

6. Adagio

Salah satu contoh lagu jenis adagio adalah padamu negeri. Saat mendengar lagu tersebut bisa dipahami apabila temponya lebih lambat. Maka cocok apabila lagu tersebut termasuk jenis adagio yang memiliki tempo sedang atau lambat.

Temponya lebih lambat dari andante karena per ketukan dalam skala menit hanya mencapai 66 hingga 76 dalam skala per menitnya. Maka, tempo adagio bisa dimasukkan dalam kategori tempo sedang.

7. Largo

Dibanding jenis di atas, largo termasuk dalam jenis tempo lambat. Kecepatan Nya hanya sekitar 40 sampai 60 ketukan per menitnya. Maka apabila cepat lambat lagu disebut tempo, largo disebut tempo lambat.

Penasaran lagi, contoh lagunya? Salah satunya adalah lagu Indonesia Pusaka. Selain itu juga pada lagu mengheningkan cipta. Keduanya merupakan contoh lagu tempo lambat. Bisa dibuktikan pada saat mendengarnya.

Itulah beberapa jenis cepat lambat lagu disebut tempo. Masih ada jenis lain tetapi secara mendasar ada tiga, slow atau lambat, moderat atau sedang, dan fast atau cepat. Semoga bermanfaat.