Negara yang Terletak Paling Utara di ASEAN Yaitu, Jawaban dan Pembahasan!

Geografi merupakan ilmu yang unik karena memiliki keterkaitan dengan berbagai bidang. Dari mulai letak negara, sampai pengaruh letak tersebut terhadap kehidupan sehari-hari manusianya. Karena itu ada salah satu soal tentang negara yang terletak paling utara di ASEAN, dan juga beberapa soal menarik lainnya tentang geografi.

Contoh Soal Negara yang Terletak Paling Utara di ASEAN yaitu

Seperti yang dikatakan tadi kalau geografi ini termasuk ke dalam ilmu yang menarik. Selain contoh soal tentang negara yang terletak paling utara di ASEAN, ada juga soal lainnya yang tidak kalah unik dengan soal tersebut, dari mulai perjanjian kerjasama, iklim yang dimiliki masing-masing negara, dsb diantaranya:

  1. Negara terletak paling utara di ASEAN yaitu…
  2. Thailand
  3. Myanmar
  4. Filipina
  5. Kamboja

Jawaban: B. Myanmar

  1. Bentuk karakteristik budaya yang diakibatkan perbedaan iklim kawasan negara-negara ASEAN yaitu..
  2. Cara berpakaian
  3. Cara berbicara
  4. Upacara Perkawinan
  5. Pola Makan

Jawaban: A. Cara berpakaian

  1. Akibat dari banyak negara-negara ASEAN yang dilewati jalur lipatan sirkum pasifik adalah…
  2. Sering Terjadi Banjir
  3. Beriklim Tropis
  4. Banyak Memiliki Pantai
  5. Sering Terjadi Gempa Bumi

Jawaban: D. Sering Terjadi Gempa Bumi

  1. Negara anggota ASEAN yang kegiatan perekonomiannya tidak didukung oleh pertanian yaitu…
  2. Indonesia
  3. Malaysia
  4. Singapura
  5. Laos

Jawaban: C. Singapura

  1. Manakah dari negara-negara ASEAN berikut yang memiliki iklim subtropis
  2. Myanmar
  3. Laos
  4. Filipina
  5. Vietnam

Jawaban: A. Myanmar

Pembahasan

Setelah membaca semua soal beserta jawaban dari soal-soal di atas, maka tentu akan lebih lengkap lagi jika mendapatkan pembahasannya. Bagi yang juga penasaran, maka dapat melihat pembahasan di bawah ini yang merupakan penjelasan dari soal di atas.

  1. Myanmar yang merupakan negara dengan luas 680 KM, menjadi negara yang terletak di paling utara ASEAN. Dengan perbatasan yang dimilikinya yakni, pada bagian utara serta timur dengan negara Thailand, Tiongkok, serta Laos. Kemudian untuk bagian baratnya bersebelahan dengan Bangladesh serta India.
  2. Karena perbedaan iklim tentu saja menyebabkan perbedaan musim. Sebut saja perbedaan antara Indonesia dengan Myanmar dalam hal berpakaian. Di Indonesia sangat jarang ditemukan pakaian seperti coat tebal, atau sepatu salju. Hal ini dikarenakan di Indonesia tidak ada musim salju. Berbeda dengan Myanmar yang memiliki musim tersebut.
  3. Indonesia memang terkenal dengan ring of firenya, dan ini salah satu dampak dari negara yang dilalui oleh sirkum pasifik. Tidak hanya itu, Indonesia juga menjadi negara yang mengalami gempa cukup rutin. Karena memang terletak di antara gunung berapi dan lempeng tektonik aktif.
  4. Hal ini terjadi berkaitan dengan luas wilayah Singapura yang tidak terlalu besar. Kemudian dibuktikan juga dengan data yang menyatakan kalau sektor pertanian Singapura hanya menyumbang 0,03% untuk GDP negara ini pada tahun 2020. Meskipun begitu negara ini memiliki sektor lainnya yang maju seperti manufaktur, dan perdagangan.
  5. Myanmar terkenal dengan dua iklimnya, yakni Selatan beriklim tropis dan Utara subtropics. Salah satu penyebab hal ini adalah letaknya yang di sekitar khatulistiwa. Hal tersebut membuat angin musim memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap iklim yang ada di negara ini. Angin itu juga yang membawa musim dingin ke bagian selatan.

Jadi itulah tadi contoh soal tentang negara yang terletak paling utara di ASEAN, dan juga soal-soal lainnya yang tidak kalah menarik. Tentu saja dapat menambah pengetahuan untuk yang membacanya.