Induk Organisasi Bola Voli Nasional Adalah? Ini Dia Organiasi Bola Voli

Olahraga voli baik secara nasional maupun internasional terdapat organisasi yang mengurusnya. Organisasi tersebut berguna sebagai wadah sekaligus mengatur berbagai regulasi dalam voli. Induk organisasi bola voli nasional adalah PBVSI. Untuk organisasi dalam skala internasional ada FIVB. Berikut ini ada contoh soal dan beserta penjelasannya agar lebih memahami organisasi bola voli berikut ini:

Contoh soal: Induk organisasi bola voli nasional dan internasional dan kepanjangannya?

Sejarah

Saat awal diciptakan permainan bola voli ini mulanya diberi nama dengan mintonette. Permainan tersebut pertama kali dimainkan pada tahun 1895 di AS. Seiring berjalannya waktu nama mintonette berubah menjadi voli karena saran dari seorang professor dari Springfield College.

Dengan demikian permainan tersebut hingga kini dikenal dengan nama voli. Seiring berjalannya waktu permainan bola indoor ini mulai meluas hingga mencapai ke Eropa. Karena kepopuleran dari permainan ini akhirnya didirikanlah sebuah organisasi dalam tingkat internasional yang menaungi permainan tersebut.

Organisasi Bola Voli

Secara internasional bola voli memiliki organisasi yang mencakup seluruh negara di dunia. Sedangkan induk organisasi bola voli nasional berbeda-beda tiap negara. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kedua organisasi tersebut, simak penjelasannya di bawah ini:

1. FIVB

Permainan bola voli internasional berada dibawah naungan organisasi FIVB (federation internationale de volleyball). FIVB ini dibentuk pada tahun 1947 dan dibentuk oleh 14 negara sebagai penggagas. Setelah didirikan organisasi tersebut, pada tahun 1949 FIVB menyelenggarakan turnamen bola voli secara internasional.

Karena adanya turnamen bola voli internasional tersebut akhirnya menarik perhatian dari negara lain untuk turut bergabung dengan organisasi tersebut. hingga kini FIVB yang awalnya hanya didirikan oleh 14 negara kini telah memiliki lebih dari 200 anggota. Keberadaan dari organisasi ini memiliki peran penting sebagai berikut:

  • Mempromosikan cabang olahraga ini dalam skala internasional. 
  • Menjadi wadah persatuan bola voli dalam tingkat internasional.
  • Mengatur regulasi dalam permainan bola voli. FIVB memutuskan membagi peraturan permainan menjadi dua, yaitu Peraturan Acara dan Peraturan Olahraga.
  • Mengadakan kompetisi bola Voli secara internasional.

2. PBVSI

Sedangkan untuk induk organisasi bola voli nasional adalah PBVSI. Pada tahun 1955 Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia ini resmi dibentuk. Sebelum terbentuknya organisasi nasional sebelumnya sudah lebih dulu muncul organisasi bola voli daerah.

Tahun 1954 IPVOS yang merupakan organisasi bola voli Surabaya bersama PERVID dari Jakarta merencanakan pertemuan. Pertemuan tersebut memiliki tujuan untuk membicarakan perihal rencana pembentukan organisasi induk secara nasional. Hingga akhirnya pada tanggal 1955 tersebut PBVSI resmi dibentuk.

Setelah itu masih di tahun yang sama, PBVSI akhirnya menjadi anggota organisasi bola voli internasional. Kemudian menjadi anggota tetap pada tahun 1959. Pembentukan PBVSI ini tentunya bukanlah tanpa alasan. Berikut ini adalah tugas dari PBVS dalam mengembangkan olahraga bola voli nasional:

  • PBVSI bertugas untuk mengatur berbagai regulasi yang berkaitan dengan permainan bola voli secara nasional.
  • PBVSI bertugas untuk melakukan edukasi secara regular dan mengadakan kompetisi tingkat nasional.
  • Serta PBVSI sebagai wadah bagi para atlet voli juga bertugas untuk melakukan pembinaan dan mengukur perkembangan masing-masing pemain.
  • PBVSI juga bertugas untuk menyiapkan tim terbaik agar mampu bertanding di berbagai ajang kompetisi bola voli baik secara regional maupun dalam tingkat internasional.

Itu tadi adalah organisasi bola voli yang ada dalam tingkatan nasional maupun internasional. induk organisasi bola voli nasional adalah PBVSI sedangkan untuk organisasi internasional adalah FIVB. Pembentukan organisasi tersebut penting untuk perkembangan olahraga voli. Pasalnya organisasi ini tak hanya menjadi wadah namun juga mengatur berbagai regulasi demi perkembangan bola voli.