1 Km Berapa Cm? Pahami Konversi Satuan Panjang Berikut Ini!

Memahami konversi satuan panjang akan sangat berguna ketika melakukan pengukuran. Misalnya untuk mengetahui 1 km berapa cm atau mm dan sebagainya. Dengan memahami satuan panjang maka mengukur jarak, panjang, lebar atau tinggi suatu objek maupun jarak akan lebih mudah. Untuk lebih memahaminya sima contoh soal dan juga pembahasan mengenai satuan panjang berikut ini:

Contoh soal: 1 km sama dengan berapa cm?

Jawaban dan Pembahasan Mengenai Satuan Panjang

Hasil dari 1 km berapa cm adalah 100.000 cm. Hal tersebut bisa diperoleh apabila memahami konversi satuan panjang. Sebelum belajar melakukan konversi maka sebaiknya pahami dulu penjelasan mengenai satuan panjang. Tanpa adanya satuan panjang maka hasil pengukuran akan susah dipahami. Oleh sebab itu terdapat satuan panjang yang telah ditetapkan berdasarkan kesepakatan internasional.

Dengan demikian pengukuran yang dilakukan akan lebih mudah dipahami sebab satuan yang digunakan di setiap negara sama. Secara internasional terdapat dua sistem pengukuran satuan panjang. Satuan panjang tersebut konsisten dan tidak berusaha. Sebab satuan panjang tersebut merupakan hasil dari perhitungan fisika yang dilakukan secara sistematis. Berikut ini adalah dua sistem pengukuran satuan panjang tersebut:

1. SI

Satuan panjang yang pertama berdasarkan satuan internasional (SI). Jika mengacu pada satuan internasional, standar satuan yang digunakan adalah meter. Satu meter merupakan hasil dari perhitungan fisika yang merupakan jarak yang tempuh cahaya di ruang hampa dalam waktu 1/299792458 detik.

2. CGS

Kedua berdasarkan CGS, jika mengacu pada sistem CGS maka standar satuan panjang yang digunakan adalah cm. Satuan panjang cm ini biasanya digunakan untuk penulisan dalam penelitian ilmiah. Dari kedua kesepakatan internasional ini dibuat tangga ukuran untuk satuan panjang yang digunakan secara internasional.

Cara Menghitung Satuan Panjang

Tangga satuan panjang merupakan satuan panjang yang disusun berdasarkan ukurannya. Dengan menggunakan tangga satuan panjang tersebut dapat memudahkan untuk melakukan konversi ukuran. Misalnya 1 km berapa cm, hal itu dapat diketahui dengan mudah melalui tangga satuan panjang tersebut. Urutan dari tangga satuan panjang tetap dan tidak dapat diubah.

Selain itu nilai dari masing-masing satuan juga berbeda. Nilai tersebut tetap, sama dan konsisten sehingga tidak akan berubah-ubah. Ukuran satu meter yang digunakan di indonesia akan sama dengan ukuran 1 meter yang digunakan di negara manapun. Berikut ini adalah urutan dari satuan panjang mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil:

  • Kilometer
  • Hektometer
  • Dekameter
  • Dekameter
  • Meter
  • Desimeter
  • Centimeter
  • Milimeter

Dari kedelapan satuan panjang yang telah disebutkan, semuanya umum digunakan untuk melakukan pengukuran. Ketika melakukan konversi satuan panjang semua satuan tersebut dapat dibentuk menjadi tangga agar lebih mempermudah dalam menghitungnya. Cara menyusunnya adalah dengan meletakkan satuan panjang dengan nilai tertinggi yaitu km di tangga paling atas dan berurutan hingga satuan terkecil yaitu mm.

Cara menggunakan tangga satuan panjang saat melakukan konversi sangatlah mudah. Ada dua rumus yang harus dipahami. Jika satuan panjang turun ke bawah satu tangga maka dikali 10 sedangkan jika naik satu tangga maka dibagi 10. Dari rumus tersebut jika menggunakan sistem CGS diperoleh hasil sebagai berikut:

  • 1 kilometer= 100.000 cm
  • 1 hektometer= 10.000 cm
  • Sedangkan 1 dekameter= 1.000 cm
  • 1 meter = 100 cm
  • 1 desimeter = 10 cm
  • Kemudian untuk 1 centimeter = 1 cm
  • 1 milimeter = 0.1 cm

Setelah memahami penjelasan di atas maka melakukan konversi satuan panjang dapat dilakukan dengan mudah. Untuk mengukur 1 km berapa cm dapat dilakukan dengan menggunakan tangga satuan panjangan. Km menuju cm turun 5 tangga maka besaran panjang dikalikan 10 sebanyak 5 kali. Dengan demikian diperoleh hasil 1 km sama dengan 100.000 cm.