Permainan Sepak Bola Berasal Dari Negara Mana? Simak Penjelasannya!

Penggemar dari permainan sepak bola ini sudah tak perlu ditanyakan lagi. Bahkan para pemain sepak bola juga mempunyai popularitas yang tak main-main. Namun sebagai pecinta bola tahukah Permainan sepak bola berasal dari negara mana? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut ini dia contoh soal dan penjelasannya.

Contoh soal: Permainan sepak bola berasal dari negara mana?

Negara-Negara Asal Sepak Bola

Meskipun permainan ini cukup popular, nyatanya masih jarang yang mengetahui dari mana permainan itu berasal. Mengenai negara asal sepak bola terdapat beberapa pendapat. Untuk mengetahui lebih lengkapnya simak beberapa penjelasan berikut ini:

1. Cina

Pendapat pertama mengatakan hawa Permainan sepak bola berasal dari negara Cina. Sejarah mengatakan bahwa sepakbola berasal dari negara Cina atau lebih tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Han. Permainan ini pada masa itu disebut dengan Thu Chu.

Thu Chu pada masa itu digunakan untuk pelatihan pasukan militer. Bola yang digunakan untuk permainan Tsu Chu berasal dari gulungan kulit binatang. Permainan di mainkan di atas bidang tanah persegi dengan cara menendang bola menuju gawang. Sejarah dari Cina ini diakui sebagai bentuk tertua dari permainan sepak bola.

2. Jepang

Selain Cina, negara lain yang disebut sega negara asal dari permainan sepak bola adalah Jepang. Pasalnya Jepang juga memiliki permainan serupa yang disebut dengan Kamari. Kamari adalah permainan menendang bola yang menggunakan bola dari gulungan kulit binatang. Permainan ini merupakan modifikasi dari Tsu Chu yang di Jepang dilakukan dalam bentuk upacara.

3. Yunani

Pendapat lain mengatakan Permainan sepak bola berasal dari negara Yunani. Pada zaman Yunani Kuno permainan ini dimainkan menggunakan bola yang terbentuk dari gulungan kulit dan diisi dengan rambut. Namun permainan sepak bola pada masa tersebut tidak termasuk dalam hiburan yang dimainkan di arena-arena besar.

Permainan ini pada masa itu memiliki status yang rendah. Biasanya Permainan ini dimainkan dalam pelatihan militer dengan nama Harpastum. Namun sejarah ini diyakini bahwa Yunani yang membawa permainan sepak bola ke Inggris, namun kebenaran dari hal tersebut juga tidak pasti.

4. Inggris

Jika dibandingkan negara-negara lain, Permainan sepak bola berasal dari negara Inggris lebih diakui sebagai asal dari permainan sepak bola modern sebagaimana yang dikenal sekarang. Inggris bahkan disebut sebagai salah satu mother of football. Pasalnya sepak bola dari Inggris lebih mirip dengan sepakbola modern saat ini. Sepakbola ditemukan di inggris pada abad ke 12.

Permainan ini pernah dilarang oleh Raja Edward sebab mempertontonkan banyak kebrutalan. Dalam permainan tersebut tak hanya sebatas menendang bola, namun juga melibatkan pukulan yang menggunakan kepalan tangan. Meskipun lebih kasar namun permainan ini dianggap sebagai cikal bakal sepak bola modern.

Organisasi Sepak Bola

Seiring dengan berjalannya waktu mulai muncul klub-klub sepak bola di daratan eropa. Pada abad ke 15 masehi diyakini terdapat klub sepak bola namun belum memiliki status resmi. Baru kemudian pada tahun 1863, Inggris mendirikan Asosiasi Sepak Bola Inggris.

Semakin maraknya sepak bola dan digandrungi oleh banyak orang akhirnya pada tahun 1904, didirikan FIFA (Federation International Football Association) yang ditandatangani oleh beberapa negara. Meskipun dianggap sebagai negara yang identik dan merupakan cikal bakal sepak bola modern, Inggris tidak turut dalam pembentukan organisasi tersebut sejak awal. Namun Inggris akhirnya bergabung pada tahun berikutnya.

Meski digandrungi oleh banyak orang, tak ada yang tau pasti permainan sepak bola berasal dari negara mana. Pendapat yang paling diakui adalah sepakbola berasal dari negara Inggris. Sebab permainan sepak bola yang dimainkan pada saat itu memiliki fitur permainan yang lebih mirip dengan permainan sepak bola modern jika dibanding dengan negara-negara lain.