Phrasering Adalah? Yuk Kenali Teknik Vokal dan Penjelasalannya Berikut Ini!

Sebagai penyanyi harus memahami beberapa Teknik vokal dalam bernyanyi. Salah satunya adalah teknik phrasering, phrasering adalah pemenggalan lirik lagu menjadi bagian yang pendek lagi. Teknik vokal ini penting dipelajari agar pemenggalan kata tidak merubah makna dari lirik lagu yang dinyanyikan. Ini dia contoh soal dan juga jawabanya agar lebih memahami phrasering.

Contoh soal: Apa yang dimaksud dengan phrasering?

Pembahasan Teknik Phrasering

Ada beberapa teknik vokal dalam bernyanyi diantaranya adalah artikulasi, intonasi, resonansi, pernapasan, pembawaan dan juga phrasering. Ketika bernyanyi terdapat lirik yang harus diucapkan, yang mana kalimat dari lirik tersebut tidak dapat diucapkan sekaligus. Oleh sebab itu harus dipenggal lagi menjadi menjadi lebih pendek tanpa merubah makna dari lirik tersebut.

Dalam teknik vokal hal ini dikenal dengan teknik phrasering. Phrasering adalah teknik yang digunakan untuk memenggal kalimat dalam lirik lagu menjadi bagian yang lebih pendek dengan tetap mempertahankan makna dari lirik tersebut. Tujuan dilakukan phrasering agar kalimat yang dinyanyikan tetap mengungkapkan makna sebenarnya dari lirik lagu tersebut.

Ketika mempelajari phrasering, terdapat dua macam phrasering yang harus dipelajari. Kedua phrasering tersebut adalah phrasering kalimat bahasa dan juga phrasering kalimat musik. Dari keduanya juga masih dibagi lagi menjadi beberapa macam.

Macam-Macam Phrasering

Ketika bernyanyi berarti penyanyi harus mampu menyampaikan lagi dengan menghayati makna dari setiap penggalan lirik yang disampaikan. Dalam sebuah lagu terdiri dari kalimat bahasa dan juga kalimat music. Keduanya merupakan sebuah satu kesatuan dalam lagu. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai keduanya simak penjelasan berikut:

1. Phrasering Kalimat Bahasa

Phrasering Kalimat bahasa adalah membagi kalimat menjadi kelompok kata tertentu yang merupakan satu kesatuan. Tujuan dari pembagian kalimat bahasa adalah agar dapat menghayati isi lagu dari kata-kata tersebut. Dalam membagi kata dalam kalimat tersebut yang menjadi patokan bukalah melodi melainkan arti kata.

Bagian pertama yaitu membagi kalimat bahasa, dalam membagi kata dalam kalimat bahasa harus diperhatikan maknanya. Sebagai contoh dalam lirik lagu ‘indonesia raya merdeka merdeka’ maka kalimat tersebut harus dipenggal secara tepat agar maknanya tidak berubah. Pemenggalan yang tepat pada kalimat tersebut adalah Indonesia raya/merdeka/merdeka.

Selain memenggal kata yang tepat, dalam membaca kalimat bahasa juga bisa dilakukan dengan menonjolkan kata tertentu. Pada kondisi ini terdapat dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, kata tersebut diucapkan dengan lebih keras dibanding yang lain. Kedua, kata tersebut ditunda pengucapannya.

2. Phrasering Kalimat Musik

Lagu merupakan serangkaian nada dalam bentuk tema dan motif tertentu. Dalam phrasering kalimat musik terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu motif, puncak lagu dan juga tekanan nada. Dengan melakukan pemenggalan kalimat musik ini bertujuan untuk mengungkapkan ide musik dari nyanyian tersebut.

Dalam sebuah lagu sering kali ditemui penggalan nada yang diulang secara berkali kali. Hal tersebut disebut dengan motif. Motif adalh pemenggalan kelompok nada menjadi dua birama, empat birama atau delapan birama. Selain itu dalam kalimat musik juga menentukan puncak dari lagu, biasanya puncak lagu ini berada di nada tertinggi.

Biasanya dalam sebuah nyanyian terdapat dua macam kalimat yang dapat dinyanyikan yaitu nyanyian recitative dan juga melismatic. Pada nyanyian resitatif peranan kata-kata pada lagu lebih menonjol dibandingkan melodinya. Sedangkan pada nyanyian melismatis, melodi memiliki peran lebih menonjol dan hanya ada satu kata yang dinyanyikan dalam rangkaian melodi tersebut.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai teknik vokal phrasering. Dalam teknik vokal phrasering adalah salah satu teknik yang penting untuk dipelajari oleh para penyanyi. Dengan menguasai teknik phrasering ini penyanyi menyampaikan lagu mendekati dengan makna sebenarnya yang hendak disampaikan dalam lagu tersebut.