Induk Organisasi Sepak Bola Internasional Adalah? Pengertian, Peran dan Sejarahnya

Sepakbola merupakan permainan yang memiliki banyak penggemar. Permainan tersebut memiliki organisasi dalam skala internasional yang merupakan induk dari organisasi sepakbola di dunia. Induk organisasi sepak bola internasional adalah FIFA dan dibentuk pada tahun 1904 silam. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai FIFA berikut ini adalah contoh soal dan juga jawaban serta penjelasannya secara lebih lengkap.

Contoh soal: Apa nama induk organisasi sepak bola internasional?

Jawaban dan Penjelasan 

Sepak bola sudah menjadi permain favorit sejak dulu. Permainan ini sudah ada bahkan sejak zaman dinasti han di china yang mana pada masa itu permainan sepak bola disebut dengan mana thu chu. Namun permainan sepak bola modern lebih dikenal berasal dari negara Inggris.

Permainan sepak bola di Inggris sudah ditemukan sejak abad ke 12. Pada mulanya permainan tersebut pernah dilarang oleh raja edward. Namun seiring waktu permainan sepak bola di Inggris. Kembali diperbolehkan dan justru semakin berkembang.

Di masa modern sekarang sepak bola semakin digandrungi oleh banyak kalangan. Sebagai pecinta sepak bola, pastinya paham bahwa sepak bola memiliki organisasi internasional yang memiliki fungsi untuk mengatur berbagai hal berkaitan dengan dunia sepak bola yang ada di dalamnya. Induk organisasi sepak bola internasional adalah FIFA.

Perusahaan non profit ini awalnya didirikan oleh beberapa negara. Hingga saat ini FIFA memiliki 211 anggota dan bermarkas di Zurich. Keberadaan organisasi ini penting untuk mengatur sepak bola secara internasional. Sebelum adanya FIFA berbagai organisasi sepak bola juga sudah sempat ada, hingga akhirnya disatukan menjadi FIFA pada tahun 1904.

Sejarah Berdirinya FIFA

Pada abad ke 15 masehi diyakini terdapat klub sepak bola namun belum memiliki status resmi. Baru kemudian pada tahun 1863, Inggris mendirikan asosiasi sepak bola Inggris. Sejak saat ini beberapa pertandingan sepak bola internasional mulai dilakukan dan diikuti oleh Inggris, skotlandia, irlandia dan wales.

Semakin maraknya sepak bola dan digandrungi oleh banyak orang hingga akhirnya didirikanlah FIFA pada tahun 1904 di Paris, Perancis, pendirian organisasi FIFA dirumuskan oleh 7 negara. Negara-negara tersebut adalah Spanyol, Denmark, Belgia, Belanda, Perancis, Swiss dan Swedia. Meskipun dianggap sebagai cikal bakal sepak bola modern, Inggris tidak turut dalam pembentukan organisasi tersebut sejak awal.

Tugas dan Fungsi FIFA

Dipahami bahwa induk organisasi sepak bola internasional adalah FIFA. Organisasi tersebut dibentuk tentunya bukan tanpa alasan. Semenjak dibentuk pada tahun 1904, tugas dari FIFA adalah untuk mempromosikan sepak bola yang awalnya hanya populer di daratan Eropa.

Dengan demikian FIFA sangat berperan dalam memperkenalkan permainan sepak bola hingga kini dapat berkembang ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Tak hanya untuk mempromosikan sepak bola saja, namun FIFA juga memiliki tugas lain yang berkaitan dengan urusan sepak bola secara internasional. Berikut ini adalah beberapa tugas dari FIFA:

  • Membuat pertandingan sepak bola dunia antar negara.
  • Memberikan penghargaan kepada para pemain sepak bola terbaik.
  • Mengatur regulasi pertukaran pemain antar klub sepak bola.
  • Melakukan publikasi mengenai peringkat pemain sepak bola tingkat dunia.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dipahami bahwa induk organisasi sepak bola internasional adalah FIFA. Organisasi tersebut telah ada sejak tahun 1904 lalu dan masih terjaga hingga sekarang. FIFA telah berhasil memperkenalkan sepak bola dan telah menaungi berbagai asosiasi sepak bola regional.