Konduktor Adalah Media Penghantar Listrik, Berikut Penjelasannya!

Kata “konduktor” sering ditemui dalam pembahasan pelajaran fisika. Konduktor adalah bahan mediator yang mampu menghantarkan energi listrik atau panas dengan mudah. Sebenarnya, bahan-bahan konduktor ini pun sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Adapun contoh soal dan informasi lebih lengkap mengenai konduktor akan diuraikan dalam penjelasan berikut:

Contoh Soal : Konduktor adalah..?

Jawaban Dan Penjelasan Tentang Konduktor

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, konduktor adalah zat penghantar panas atau listrik. Bahan ini bisa saja berbentuk padat, cair, bahkan gas. jika bahan-bahan ini memang dapat menghantarkan panas atau listrik bagaimanapun bentuknya, maka zat tersebut dapat disebut konduktor.

Karakteristik Konduktor

Konduktor pun memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik tersebut yaitu:

  • karakteristik mekanik, Maksudnya adalah menunjukkan keadaan fisik konduktor untuk menahan segala gaya, tarikan, atau tekanan pada zat atau bahan itu. contoh dari konduktor yang berdaya tarik tinggi adalah tembaga, besi, serta baja.
  •  Yang kedua Karakteristik listrik, artinya adalah memperlihatkan kemampuan induktor saat dialiri arus listrik. Karakteristik ini terdiri dari; luas dari penampang konduktor, panjang, hambatan, serta hambatan jenis.     

 Sifat-Sifat Konduktor

 Bahan Konduktor ini pun memiliki sifat-sifat yang penting. Sifat-sifat inilah yang memungkinkan konduktor untuk menghantarkan energi listrik atau panas. Sejumlah sifat dari konduktor adalah:

1. Memiliki Daya Hantar Listrik

Pastinya setiap konduktor harus mempunyai daya penghantar listrik. Daya ini berasal dari elektron-elektron berjumlah banyak yang bebas, dan terdapat di bahan konduktor. Namun, sebagian besar elektron dengan konduktor akan terikat erat pada atom. Selain itu, beberapa elektron bebas ini dapat berpindah melalui satu atom ke atom lainnya.

2.Memiliki Daya Hantar Panas

Konduktor juga harus memiliki daya penghantar panas yang relatif tinggi. Biasanya, zat atau bahan logam akan dapat menghantarkan panas dengan baik. Maka dari itu, bisa dikatakan bahan logam bersifat konduksi.

3.Daya Elektro-Motoris Termo

Pengertian daya elektro-motoris yaitu , daya yang diakibatkan oleh adanya perbedaan antara konduktor dan titik kontak. Umumnya terjadi dalam suatu rangkaian listrik. Biasanya salah satu penyebabnya adalah perbedaan suhu antara kedua bahan tersebut.

Maka dari itu, biasanya juga disebut sebagai daya elektro-motoris termo. Konduktor pun bersifat harus memiliki daya elektro-motoris termo yang relatif kecil. Artinya, Semakin kecil daya elektro-motoris dari zat tersebut, maka zat itu akan semakin bagus saat berfungsi sebagai konduktor.

4. Resistivitas kecil.

Resistivitas adalah hambatan jenis. Semakin kecil resistivitas dari suatu bahan, maka akan semakin baik pula nilai konduktivitasnya. Umumnya pada sebagian besar bahan dari logam itu memiliki nilai hambatan jenis yang kecil. Maka dari itu, bahan logam pun konduktivitasnya baik

5.Kekuatan dari Tegangan Tarik

Konduktor harus memiliki tegangan tarik yang kuat. Hal itu bertujuan agar penyaluran daya yang dihantarkan akan lebih optimal.

Tegangan tarik inipun dipengaruhi oleh dua hal, yaitu suhu dan aliran arus listrik. Semakin kuat bahan tersebut bisa mengatasi aliran arus dan pengaruh suhu , maka akan semakin baik pula fungsi konduktornya .

Contoh Bahan-Bahan Yang Dikategorikan Sebagai Konduktor

Setelah melihat penjelasan di atas, pastinya sudah sedikit mengetahui bahan apa saja yang dapat digolongkan sebagai konduktor. Agar lebih jelas, inilah bahan-bahan yang dapat berfungsi sebagai konduktor ;

  • Perak
  • Aluminium
  • Emas
  • Tembaga
  • Seng
  • Platina
  • Besi 

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai konduktor. Kesimpulannya, Konduktor adalah zat penghantar panas atau listrik. Konduktor pun memiliki karakteristik dan sifat yang menjadikannya sebagai penghantar panas atau listrik yang baik. Biasanya zat konduktor ini digunakan sebagai alat elektronik, peralatan memasak, dan lain-lain. Pastinya bahan seperti ini mudah dan banyak ditemui di kehidupan sehari-hari.