Berapa Jumlah Pemain Bola Basket? Baca Penjelasan Lengkapnya!

Permainan bola basket atau bola tangan ini termasuk salah satu olahraga yang lumayan tinggi peminatnya, khususnya kalangan remaja. Alasannya tentu karena olahraganya yang sangat menyenangkan dan seru. Jumlah pemain bola basket tidak sembarangan, pada tekanan tertentu di bidang olahraga ini.

Lalu berapa jumlahnya? Pertanyaan ini sering kali muncul pada soal-soal sekolah materi pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Salah satu soal yang sinkron dengan permasalahan ini yaitu:

soal : Berapa jumlah pemain dalam olahraga bola basket​?

Pengertian Permainan Bola Basket dan Jawaban Soal Jumlah Pemainnya

Permainan atau olahraga bola basket termasuk jenis olahraga yang dimainkan secara berkelompok atau beregu. Pada setiap regunya meliputi 5 pemain dengan posisinya masing-masing. Selain itu dilengkapi dengan pemain cadangan yang berfungsi sebagai pengganti apabila pemain inti mengalami cedera atau kendala tertentu.

Jenis olahraga permainan tangan ini dapat dimainkan pada lapangan di luar ruangan maupun dalam ruangan. Lapangannya tentu tidak sembarangan tetapi mengikuti ukuran tertentu yang sudah ditetapkan. Misi dari permainan bola basket ini yaitu berlomba-lomba memasukkan bola ke ring lawan. Tim yang paling banyak shooting bola ke dalam ring, berpotensi besar sebagai pemenang permainan bola basket.

Penjelasan Masing-masing Posisi Pemain dan Babak Permainan Bola Basket

Jenis permainan sekaligus olahraga menyenangkan ini dimainkan dalam empat babak setiap pertandingannya. Tiap babaknya dialokasikan waktu selama kurang lebih 12 menit. Sementara jumlah pemain bola basket ada 5 pemain pada tiap tim atau regunya. 5 anggota pemain tersebut memiliki peran dan tugas masing-masing dalam posisinya. Berikut ini penjelasan lengkapnya terkait posisi pemain bola basket:

1. Center

Pemain posisi center biasa disebut dengan pemain tengah. Dalam posisi ini dipilih anggota pemain yang memiliki tinggi badan paling tinggi. Tugas dari posisi pemain ini yaitu menerima bola sekaligus meloloskannya sampai ke ring saat menyerang regu lawan.

Tetapi beda lagi saat melakukan pertahanan, center menjadi pertahanan terakhir yang menentukan. Itulah sebabnya pemain dengan posisi ini harus berbadan tinggi agar bisa menyelesaikan misi dan mempertahankan skor regu.

2. Power Forward

Salah satu posisi dari jumlah pemain bola basket ada yang bertugas menangkap bola basket yang gagal lolos masuk ke dalam rebound. Biasanya pada saat melakukan pertahanan dari serangan lawan.

Beda lagi kalau power forward pada saat posisi menyerang, tugas pemain adalah menangkap bola dan bergegas meloloskannya ke dalam ring lawan. Itulah sebabnya posisi ini juga dibutuhkan pemain dengan tubuh tinggi.

3. Small Forward

Posisi selanjutnya ada small forward. Pemain dengan posisi ini bertugas masuk menyerang ke ke area lawan sekaligus melakukan shooting konsisten dari luar garis bebas shooting. Posisi ini tidak kalah penting dari 2 posisi sebelumnya.

4. Shooting Guard

Posisi keempat bernama shooting guard. Pemain dengan posisi ini berperan mempertahankan bola dan mencurinya dengan keterampilan yang apik. Pada saat melakukan penyerangan shooting guard memegang bola dan melakukan shooting lempar bola 3 angka.

5. Point Guard

Terdapat pula posisi point guard dalam permainan bola basket. Tugas dari pemain dengan posisi ini memimpin perlawanan dengan umpan dan dribble yang dimilikinya. Point guard dengan perannya ini juga menentukan keseimbangan permainan dan kemenangan antar regu.

Itulah jawaban dari soal berapa jumlah pemain bola basket sekaligus tugasnya masing-masing sebagaimana posisinya dalam permainan. Lima posisi pemain dalam bola basket ini harus memiliki kriteria yang sudah disebutkan khususnya posisi center dan power forward. Di mana harus memiliki tinggi badan lebih dari posisi lainnya.