Ending Adalah Bagian Penting dalam Teks Naratif, Baca Selengkapnya!

Cerita atau teks narasi memiliki beberapa bagian, salah satu bagian ending. Unsur ending adalah unsur yang isinya sangat membuat pembaca cerita atau teks naratif dapat mengambil kesimpulan dan pelajaran berharga.

Hanya saja, ada beberapa bagian lainnya yang tidak kalah penting. Adapun contoh soal terkait ending dan penjelasan yang berhubungan dengan teks naratif disajikan pada ulasan di bawah ini.

Contoh soal: Apa arti kata ending?

Jawaban dan Penjelasan Tentang Ending

Pada cerita atau teks naratif sudah disebutkan diatas bahwa memiliki berbagai unsur pembangun dan bagian-bagian termasuk ending. Maksud dari ending sendiri termasuk bagian cerita yang paling akhir. Pada bagian ini membaca teks naratif agar dapat menyimpulkan dengan baik cerita yang disajikan.

Ending dalam sebuah narasi ada dua yaitu ending menyedihkan dan ending mengharukan. Akhir cerita mengharukan lebih disukai oleh pembaca, tetapi meskipun demikian sad ending juga memiliki pesan mendalam akan akhir yang menyedihkan sehingga memberikan pelajaran bagi pembacanya.

Pengertian Teks Naratif dan Jenis-jenisnya

Teks naratif atau narasi adalah teks yang banyak digunakan untuk menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Jenis teks ini ada yang bersifat nyata dan khayalan. Biasanya teks naratif faktual atau nyata berasal dari kisah-kisah orang sedangkan yang imajinatif atau khayalan umumnya disajikan dalam sebuah cerpen.

Ada tiga jenis teks naratif yang bisa ditelaah sesuai kebutuhan. Masing-masing penjelasannya yaitu sebagai berikut:

  • Ekspositori. Jenis teks naratif ini memuat informasi yang gamelang. Teks narasi ini berisi rangkaian peristiwa tentang kejadian tertentu yang dialami oleh seseorang. Contohnya cerita pengalaman hidup atau kisah seseorang yang diurai sedemikian rupa secara jelas sesuai kenyataan.
  • Artistik. Jenis teks naratif yang kedua ini kebalikan teks naratif ekspositori. Dikatakan demikian karena teks narasi bersifat tidak nyata melainkan khayalan belaka.
  • Sugesti. Teks narasi ini diciptakan untuk tujuan mempengaruhi pembaca terkait ide-ide dalam narasi tersebut. Bisa dikatakan mempunyai maksud terselubung yang sangat halus untuk disampaikan ke pembaca.

Bagian-bagian dalam Teks Naratif

Dari berbagai jenis teks naratif yang ada ada berbagai bagian-bagian penting dari teks narasi, selain ending adalah bagian akhirnya. Bagian tersebut terdiri dari 4 poin yaitu diantaranya:

  • Orientasi. Pada permulaan narasi atau cerita pastinya dimulai dengan tahap pengenalan tokoh-tokoh. Adanya bagian ini membuat pembaca mempunyai gambaran awal konflik cerita bahkan akhir ceritanya. Bagi penulis tentu tidak boleh melewatkan penulisan bagian orientasi pada teks narasi.
  • Komplikasi. Bagian setelah orientasi atau pengenalan adalah puncak cerita. Isinya berupa konflik atau permasalahan antar tokoh. Umumnya dibuat sengketa protagonis dan antagonis. Pada bagian ini membuat pembaca cenderung dan seperti masuk dalam cerita.
  • Resolusi. Bagian teks naratif ini adalah bagian akhir dari konflik dalam narasi. Itu artinya pada bagian ini semua permasalahan yang ada dalam cerita terselesaikan tuntas. Pertanyaan pembaca terkait semua persoalan dalam cerita terbayar jika sudah sampai pada bagian ini.
  • Ending. Bagian ini memuat peristiwa singkat yang menentukan diterima tidaknya resolusi oleh setiap tokoh atau tidak. Biasanya peristiwa tersebut bersifat akhir yang bahagia dan menyedihkan. Tapi apapun itu endingnya sudah pasti membuat berbagai pelajaran hidup.

Itulah lengkapnya terkait ending adalah sebuah bagian akhir cerita yang dikemas sedemikian rupa serta bagian-bagian lainnya dari teks naratif. Dari berbagai jenis teks naratif pasti mengandung bagian-bagian ini. Jadi perlu dipahami bagi yang ingin membuat teks naratif untuk keperluan tertentu agar hasilnya dapat diterima.