Apa yang Dimaksud dengan Iklan? Berikut penjelasannya!

Ketika akan memasarkan suatu produk maupun jasa, dibutuhkan sebuah iklan. Pertanyaan mengenai apa yang dimaksud dengan iklan, memang sering ditanyakan oleh beberapa orang. Pasalnya, pengertian dan penjelasan mengenai iklan memang sangat beragam. Selain itu, jenis iklan pun juga dibedakan menjadi beberapa macam. Untuk informasi lebih lanjut, simak pembahasan berikut:

Contoh soal: Apa yang dimaksud iklan dan jelaskan

Penjelasan Iklan Secara Singkat

Apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan merupakan ajakan maupun dorongan yang disajikan sedemikian rupa agar konsumen tertarik. Dalam bahasa Yunani, iklan memiliki arti menggiring orang agar memiliki satu gagasan. Tentu tujuan dibuatnya iklan agar masyarakat tertarik terhadap barang maupun jasa yang ditawarkan oleh iklan tersebut.

Agar iklan dilirik oleh masyarakat, maka pihak pengiklan harus membuat ide yang kreatif dan menarik hati. Bahkan tidak jarang, iklan yang ditemui mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini.

Iklan bisa dipromosikan melalui bentuk apapun sesuai dengan pasar konsumennya. Iklan berbentuk video, audio, foto maupun tulisan sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Harga yang diberikan pun jelas berbeda. Dalam pembuatan iklan, terdapat tiga pihak yang terlibat. Seperti pihak yang melakukan iklan, agensi iklan yang digunakan dan juga media pengiklan yang dipilih.

Tujuan Iklan

Setelah mengetahui penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan iklan, sebaiknya ketahui tujuan dari iklan. Tidak hanya agar orang tertarik, namun iklan memiliki tujuan yang luas. Adapun tujuan iklan yaitu:

  • Mengajak konsumen agar membeli produk jasa yang telah ditawarkan dengan berbagai benefit yang diberikan. Tidak hanya itu, perubahan harga juga termasuk dalam tujuan iklan.
  • Memberi suatu informasi mengenai produk baru maupun keunggulan produk jasa tersebut dibandingkan dengan produk lain.
  • Mengingatkan bahwa ada produk yang dapat digunakan untuk sebagai solusi sebuah permasalahan.
  • Mengubah persepsi negatif konsumen menjadi persepsi positif.
  • Pendampingan agar informasi dapat diterima oleh masyarakat luas dan target pada perusahaan dapat tercapai.

Jenis-Jenis Iklan

Meskipun memiliki satu sebutan yang sama, namun ternyata iklan terbagi dalam beberapa jenis. Apa saja ya jenis-jenis dalam iklan? Simak pembahasan berikut:

1. Iklan Layanan Masyarakat

Pembuatan iklan layanan masyarakat ini sering dilakukan oleh instansi maupun lembaga yang menaungi kelembagaan masyarakat. Informasi yang disampaikan pada iklan jenis ini yaitu pencerahan atau sosialisasi terhadap aturan baru hingga isu yang sedang ramai. Seperti contohnya iklan pemilu, ajakan untuk makan ikan dan sebagainya.

2. Iklan Pengumuman

Tujuan dibuatnya iklan kedua ini yaitu untuk menarik masyarakat pada kelompok tertentu saja. Seperti contohnya pemberitahuan mengenai demo masak yang diadakan oleh RT setempat.

3. Iklan Penawaran

Iklan ini biasanya sering ditemui pada toko, minimarket hingga swalayan.  Penawaran Iklan yang disampaikan pada jenis ini berbentuk penawaran barang maupun jasa. Biasanya pada penawaran tersebut, disebutkan pula benefit yang akan didapatkan konsumen hingga harga diskon.

4. Iklan Permintaan

Iklan yang terakhir yaitu merupakan iklan yang bersifat sebagai suatu permintaan. Biasanya iklan ini menawarkan atau bahkan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi terhadap pihak pengiklan. Adapun salah satu contoh iklan permintaan yaitu lowongan pekerjaan.

  apa yang dimaksud dengan iklan memang memiliki pengertian sendiri tiap orang. Namun yang jelas, iklan merupakan pesan mengenai ajakan atau himbauan kepada masyarakat luas. Karena bersifat persuasif, maka konsumen harus lebih jeli dan bijak terhadap produk jasa yang akan digunakan.