Apa Yang Dimaksud Dengan Sumber Energi Panas? Berikut Penjelasannya!

Panas adalah jenis energi yang diperlukan oleh makhluk hidup. Diketahui, energi panas seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti fotosintesis tumbuhan, memasak makanan pada manusia, menghangatkan diri pada hewan dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh soal serta jawaban mengenai apa yang dimaksud dengan sumber energi panas dan juga jenis-jenisnya.

Soal: apa yang dimaksud dengan sumber energi panas

Jawaban dan Penjelasan Apa Yang Dimaksud dengan Sumber energi Panas

Diketahui, sumber energi panas adalah semua hal yang bisa menghasilkan panas itu sendiri.  Dengan demikian energi panas pastinya memiliki suhu yang cukup tinggi. Diketahui, energi panas merupakan energi yang terbentuk pada bagian kerak bumi. Selain itu, energi panas juga bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti api, matahari dan lainnya.

Kemudian, energi panas juga bisa berpindah dari bagian suhu tinggi ke bagian yang rendah . Untuk itulah, energi panas biasa disebut juga dengan energi kalor. Contohnya adalah api yang memanaskan wajan, sinar matahari melelehkan es dan sebagainya. Berikut adalah jenis-jenis sumber energi panas yang harus diketahui.

Sumber-Sumber Energi Panas

Setelah mengetahui penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan sumber energi panas maka langkah berikutnya adalah memahami jenis-jenis sumbernya. Sumber energi panas sendiri terbagi menjadi 5 jenis berdasarkan apa yang dapat dilihat di lingkungan sekitar. Berikut diantaranya.

1. Panas Matahari

Sumber energi panas yang pertama dan paling banyak diketahui adalah matahari. Sejak dahulu, matahari memang dikenal sebagai salah satu sumber energi panas terbesar di tata surya yang ditinggali manusia saat ini. Matahari memiliki beragam manfaat yang tidak bisa digantikan begitu saja dengan energi panas lainnya.

Adapun manfaat dari energi matahari ini adalah untuk menyinari bumi sehingga makhluk hidup yang ada di dalamnya bisa terus hidup dan tidak mati membeku. Matahari bermanfaat dalam proses fotosintesis, sumber vitamin D serta sumber energi lainnya.

2. Panas Bumi

Berikutnya, sumber energi juga berasal dari dalam bumi. Batuan yang ada di dalam bumi mengandung energi panas yang biasa disebut dengan panas bumi. Selain itu, energi ini dapat disebut juga dengan geothermal yang biasa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik di wilayah tertentu.

Biasanya, pada daerah-daerah yang memiliki gunung api aktif bisa menggunakan energi panas tersebut. Hal ini dikarenakan gunung api memiliki suhu yang cukup tinggi dibandingkan dengan daerah lain yang tidak memilikinya.

3. Listrik

Kemudian, energi panas pun bisa berasal dari listrik.  Energi ini mampu meringankan beban pekerjaan dan juga mempercepat pengerjaan. Biasanya, listrik akan digunakan untuk menghidupkan alat-alat elektronik sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Energi listrik disalurkan dari berbagai sumber misalnya pembangkit listrik tenaga batu bara, tenaga air, gas bumi dan lainnya. Nantinya, listrik akan disalurkan ke rumah-rumah menggunakan kabel yang dihubungkan. Listrik dapat digunakan untuk menanak nasi menggunakan mejikom, menghidupkan oven, memanaskan setrika dan masih banyak lagi.

4. Api

Selanjutnya, energi panas juga bisa berasal dari api. Api sendiri merupakan energi panas yang lebih dahulu digunakan sebelum ditemukannya listrik. Para nenek moyang akan memanfaatkan api untuk menghangatkan badan, memasak makanan, sumber cahaya serta menghalau binatang buas.

Hingga kini, api pun masih dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah dalam proses memasak makanan, membakar sampah dan sebagainya.

5. Gesekan

Lebih lanjut, sumber panas berikutnya yaitu gesekan. Diketahui, gesekan ini juga bisa menimbulkan energi panas contohnya adalah saat menggosokkan kedua telapak tangan ketika dalam keadaan dingin. Kemudian, gesekan juga bisa dilakukan untuk menghidupkan api seperti jaman dahulu. Caranya yaitu dengan mengambil batang kayu kering yang dilubangi. Kemudian, kayu kecil lainnya dimasukkan dalam lubang tersebut lalu digesek kan hingga muncul api.

Demikianlah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan sumber energi panas beserta jenis-jenis sumbernya. Dengan adanya energi panas ini maka makhluk hidup pun dapat hidup di bumi dan berkembang biak.