Tari Gambyong Berasal Dari Surakarta, Baca Penjelasan Singkatnya!

Tari Gambyong merupakan sebuah tarian yang digunakan pada upacara tradisional. Tujuan digelarnya tarian ini adalah untuk memohon kesuburan pada Dewi Sri. Tari Gambyong berasal dari wilayah Surakarta yang berada di provinsi Jawa Tengah. Contoh soal dan penjelasan lengkap mengenai tari Gambyong ini akan dibahas pada ulasan berikut:

Contoh soal: Tari Gambyong berasal dari daerah

Penjelasan dan Jawaban

Provinsi Jawa Tengah memiliki sebuah tarian yang indah bernama Tari Gambyong. Tarian ini dipersembahkan oleh para penari wanita pada upacara tradisional sebagai wujud terima kasih kepada Dewi Sri. Upacara tradisional tersebut digelar untuk memohon kesuburan dan kemakmuran. Di masa kini, tari Gambyong banyak dipertunjukkan sebagai tontonan wisata.

Pada upacara penyambutan tamu penting Tari Gambyong juga menjadi persembahan yang unik dan menarik. Para penari yang menarikan tarian ini dipilih wanita-wanita muda nan cantik yang memakai pakaian dengan warna cerah didominasi kuning dan hijau serupa padi yang subur.

Menilik pada jenisnya, Tari Gambyong dibagi dua yaitu Tari Gambyong Pangkur dan Tari Gambyong Pareanom. Walau begitu gerakan dasar tarian ini tetap sama. Iringan dan pola tarian ini sangat rumit dengan penari yang luwes dan lemah gemulai.

Mengenal Tari Gambyong Berasal Dari Surakarta

Sejarah tarian ini sudah menjadi akar budaya dan kesenian di Jawa Tengah. Meskipun Tari Gambyong berasal dari Surakarta namun sudah dianggap menjadi seni budaya tanah Jawa. Sejarah nya bahkan dimulai sejak tahun 1788 hingga tahun 1820. Ini membuktikan betapa luhurnya seni budaya yang dijunjung oleh para leluhur di masa lalu.

1. Asal Usul Tari Gambyong

Pada masa pemerintahan Raja Pakubuwana IX, seorang ahli kesenian mengkreasikan sebuah hiburan yang dapat dipersembahkan untuk menghibur kaum bangsawan di masa itu. Kemudian tarian yang diberi nama Tari Gambyong ini mulai dipertunjukkan di lingkungan keraton pada tahun 1916 hingga tahun 1944.

Selanjutnya Tari Gambyong kemudian diperhalus dan semakin sering dipertontonkan untuk menghibur rakyat, sebagai persembahan di acara resmi juga sebagai acara hiburan di pesta pernikahan. Tarian yang indah dengan penari yang cantik dan gemulai ini memang memukau dan sangat unik untuk ditonton. Pakaiannya yang cerah semakin menambah keindahan tarian ini.

2. Gerakan Tari Gambyong

Teknik gerak dan irama yang mengiringi tari Gambyong sangatlah rumit. Semua penari yang ingin bisa menarikan tarian ini harus memiliki karakter yang luwes dan lemah gemulai. Hal tersebut dikarenakan tarian ini mewakili sifat karakter lemah lembut yang dimiliki wanita Jawa Tengah.

Gerak Tari Gerakan yang dibawakan pada Tari Gambyong yaitu gerakan awal, isi dan akhir. Gerakannya sangat rumit dan luwes, namun tegas dan berwibawa. Tarian terpusat pada kelenturan gerakan tangan, kaki, tubuh dan kepala. Setiap gerakan memiliki arti tersendiri.

3. Keunikan Tari Gambyong

Ada beberapa hal yang membuat tarian ini menjadi sangat unik dan menarik. Diantaranya adalah pakaian yang dikenakan oleh para penari berwarna cerah dan didominasi warna kekuningan seperti padi yang siap dipanen. Hal ini mewakili simbol kesuburan dan kemakmuran. Sebelum tarian dimulai biasanya akan di awali dengan Gendhing Pangkur.

Pada awalnya tarian ini ditujukan sebagai persembahan kepada Dewi Sri agar menurunkan kesuburan dan kemakmuran. Hingga akhirnya dibakukan dan ditata ulang oleh Istana Surakarta. Sekarang Tari Gambyong menjadi tari yang sering dipertontonkan pada acara resmi, acara wisata hingga sebagai hiburan di acara pernikahan.

Demikian ulasan mengenai Tari Gambyong berasal dari Surakarta dan menjadi salah satu kekayaan budaya Nusantara. Tarian yang menjadi kebanggaan provinsi Jawa Tengah ini dilestarikan sebagai warisan budaya leluhur. Kehadirannya wajib diperkenalkan kepada generasi muda agar mengenal seni tari yang luar biasa ini.