Penjelasan Mengenai Lama Permainan Sepak Bola Adalah

Sepak bola merupakan kegiatan olahraga yang paling sering dilakukan dan digemari oleh kebanyakan orang, khususnya laki-laki. Biasanya ada 11 orang dalam satu tim dan lama permainan sepak bola adalah 90 menit (2 x 45 menit). Adapun contoh soal dan keterangan lebih lanjut mengenai lama permainan sepak bola adalah sebagai berikut:

Contoh Soal : Lama permainan sepak bola adalah

Jawaban dan Uraian Waktu Pertandingan Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga terpopuler di dunia, bahkan ribuan peminat sepak bola tersebar di semua negara. Sepak bola punya banyak aturan di dalamnya, salah satunya ialah waktu permainan sepak bola.

Oleh karena banyak yang penasaran tentang lama permainan sepak bola, maka berikut dijelaskan tentang peraturan waktu permainannya. Segala aturan terkait sepak bola bahkan waktu permainannya telah tercantum di Laws of the Game buatan IFAB.

Waktu main sepak bola juga tercantum di Laws of the Game. Waktu main sepak bola adalah 2 x 45 menit, jadi total mainnya ialah 90 menit. Selain waktu utama, juga ada waktu tambahan atau injury time yang ditentukan wasit.

Tidak hanya itu saja, durasi permainan sepak bola juga bisa diberi extra time. Hal itu dapat terjadi saat babak harus ada juara dan tak boleh ada hasil imbang. Berikut akan dijelaskan durasi permainannya.

Durasi Pertandingan Sepak Bola

Waktu main sepak bola terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah waktu biasa, waktu istirahat, injury time serta extra time. Semua itu diatur dalam IFAB (International Football Association Board), berikut ini penjelasannya.

1.  Waktu Biasa

Lama main sepak bola adalah 2 x 45 menit, ini adalah waktu biasa, di mana babak pertama dan babak kedua masing-masing berlangsung 45 menit. Dengan demikian, total waktu normal main sepak bola ialah 90 menit.

Durasi waktu normal diberlakukan dalam pertandingan biasa yang tak harus ada juara, bisa pada babak liga atau babak grup. Durasi permainan selesai bila waktu habis walaupun hasil akhirnya imbang.

2.  Waktu Tambahan

Waktu tambahan diperlukan apabila pengganti waktu yang hilang karena cedera pemain dan pergantian pemain saat permainan. Durasi waktu tambahan disebut injury time, additional time dan stoppage time.

Pada umumnya, waktu tambahan ini berkisar antara 1-5 menit, meskipun ada yang lebih dari 5 menit serta ada yang tak ditambah sama sekali. Ini diperlukan untuk mengganti waktu yang sempat hilang karena hal yang tak terduga.

3.  Waktu Perpanjangan

Pada umumnya dalam sistem gugur yang harus ada pemenang, maka diperlukan adanya waktu perpanjangan. Durasi waktu perpanjangan ini dikenal dengan istilah extra time, dan biasanya diberikan waktu sekitar 2 x 15 menit di dalam pertandingan sepak bola.

Dengan aturan, selama 15 menit di masing-masing babak pertama dan kedua. Dalam artian lain, jumlah waktu perpanjangan adalah 30 menit, waktu perpanjangan diperlukan apabila ada hasil yang imbang atau seri.

4.  Waktu Istirahat

Selain waktu permainan, di dalam sepak bola juga ada waktu istirahat. Lama waktu istirahat pertandingan sepak bola sekitar 15 menit. Waktu istirahat digunakan sebagai jeda di antara babak satu dengan babak dua.

Durasi tanding di atas terdiri dari waktu biasa, waktu tambahan, waktu perpanjangan dan waktu istirahat. Itulah penjelasan dan uraian mengenai lama permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit.