Panjang Pendeknya Bunyi Disebut Pola Irama. Baca Penjelasannya!

Setiap kali belajar mengenai alat musik dan akordionnya, pasti materi tidak akan lepas dari beberapa hal ini. Sebut saja tempo, intonasi dan juga panjang pendeknya bunyi musik. Secara singkat, panjang pendeknya bunyi disebut pola irama. Dalam setiap lagu, membentuk pola irama harus dilakukan karena hal itu sangat penting adanya.

Contoh Soal

Panjang pendeknya bunyi disebut…

  1. Dinamik
  2. Tempo
  3. Pola irama
  4. Nada

Pembahasan Mengenai Panjang Pendeknya Bunyi

Nampaknya, sebagian besar sekolah tingkat dasar sudah mulai mempelajari materi tentang musik. Dalam pelajaran kesenian, guru mengajarkan tentang pengertian dan perbedaan istilah dalam dunia musik pada anak didiknya. Salah satu metode ajar yang digunakan adalah dengan memberi pertanyaan sebagai pancingan daya ingat pelajar. 

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, panjang pendeknya bunyi disebut pola irama, maka jawaban dari pertanyaan tersebut adalah opsi C. Mengapa seperti itu? Bagaimana dengan penjelasan opsi lainnya?

Untuk opsi yang lain, jawabannya salah alias tidak cocok dengan pertanyaannya. Dinamika adalah tingkat kekerasan atau tahapan keharmonisan dalam sebuah lagu. Biasanya, dinamika digunakan sebagai bentuk pengekspresian pemain musik pada lagu yang dimainkan. Oleh karena itu, pendengar lagu dapat merasakan penghayatan secara mendalam terhadap lagu yang dibawakan.

Opsi yang lain : tempo. Hampir semua orang mengetahui apa itu tempo. Maksud dari tempo adalah kecepatan atau keras –rendahnya sebuah ketukan lagu. Tempo yang lambat akan menunjukkan dengan jelas bahwa lagu tersebut merupakan melodi sedih. Nada sendiri adalah sebuah bunyi yang memiliki tingkat frekuensi sendiri.

Sedangkan pola irama sendiri secara harfiah artinya adalah sebuah susunan yang mengatur irama atau nada dalam sebuah lagu. Dalam konteks ini, pola bisa merujuk pada panjang pendeknya nada, konsistensi sistem melodi, dan sebagainya. Pola irama ini membentuk rangkaian ritme nada indah menyesuaikan tempo dan ketukan.

Macam Macam Jenis Pola Irama yang Ada Dalam Dunia Musik

Untuk info tambahan, irama memiliki beberapa jenis  yang berbeda. Pola ini dibedakan dari jenis tempo, ketukan, atau dinamika sebuah lagu. Jenis pola irama yang akan disebutkan berikut adalah jenis yang paling sering digunakan. Apa sajakah itu? Mari cermati semua ulasannya di bawah ini:

  • Pola irama rata, jenis yang pertama adalah pola irama rata. Arti dari pola irama rata adalah sebuah pola musik yang memiliki pembagian sama besar dalam sebuah lagu. Pembagiannya ditimbang dari kecepatan nada dan juga ketukan irama.
  • Pola irama non rata, pola ini merupakan pola yang berlawanan dari pola irama yang rata. Pola irama non rata merupakan pola yang disusun tanpa memandang ketukan dan dinamika. Pembagian nada dalam sebuah lagunya juga cenderung tidak sama besar.
  • Pola ostinato, yang dimaksud dengan pola ostinato adalah jenis pola yang dimainkan secara berulang. Ostinato pola terjadi apabila sebuah pilla dalam lagu memiliki lebih dari satu jenis.
  • Pola irama polimerik, jenis pola satu ini cukup berbeda. Panjang pendeknya bunyi disebut pola irama polimerik jika di dalamnya terdapat perbedaan irama. Perbedaan ini disebabkan dari beberapa instrumen berbeda yang dimainkan.
  • Pola irama suku bangsa, pola ini cukup sering dijadikan bahan utama mengolah nada. Apa itu pola suku bangsa? Maksud dari pola suku bangsa adalah sebuah nada irama yang disusun berdasarkan karakteristik sebuah daerah di mana lagu tersebut berasal.

Sekian penjelasan mengenai pertanyaan tentang pola irama. Jadi, apabila ada pertanyaan mengenai apa panjang pendeknya bunyi disebut, maka jawabannya sudah pasti pola irama. Pahami juga berbagai jenis pola irama agar tidak salah mengidentifikasi jenis irama dalam lagu maupun akord instrumental.