Penjelasan Lapangan Rounders Berbentuk Persegi Lima Dan Fungsinya

Bagi sebagian orang mungkin masih sedikit asing dengan permainan bernama rounders. Rounders sendiri kalau dalam bahasa Indonesia mirip dengan permainan softball atau kasti, cara bermainnya dan bahkan bentuk lapangannya. Di bawah ini akan disebut contoh soal tentang rounders mengenai lapangan rounders berbentuk segi lima, untuk lebih jelasnya tentang permainan ini bisa simak uraian berikut:

Contoh Soal: Lapangan rounders berbentuk?

Jawaban Dan Penjelasan Tentang Lapangan Rounders

Paling sederhana sebagai jawaban untuk pertanyaan bentuk dari lapangan rounders adalah persegi lima. Bentuk ini juga memiliki maksud tersendiri untuk kelangsungan dalam permainan rounders. Pada lapangan yang berbentuk segi lima ini, pada tiap sisinya memiliki ukuran 15 meter. Selain itu pada kelima ujungnya terdapat base yang digunakan untuk pemberhentian pemain.

Lapangan rounders berbentuk segi lima juga memiliki tujuan pasti Yani untuk mempermudah proses berjalannya permainan. Karena gerakan yang dilakukan dalam permainan ini memang lebih gampang mengarah ke putaran. Oleh sebab itu lapangan berbentuk segi lima dan menempatkan base di tiap sudutnya.

Pada tiap ujung dilengkapi dengan base, pada base ini juga memiliki ukuran tentu di dalam lapangan. Yakni per satu bas memiliki ukuran sekitar 40×40 centi meter jadi bentuk dari bas ini bukan persegi lima seperti lapangannya namun berbentuk kotak atau persegi. Base ini yang nantinya digunakan sebagai tempat berhenti atau tempat hinggap para pemainnya.

Kemudian lapangan rounders berbentuk persegi lima dengan panjang 15 meter di tiap sisinya juga sudah diperhitungkan. Sebab ini juga sudah diatur untuk memudahkan si pelempar dan juga si pemukul bola. Sebab di antara keduanya diharuskan memiliki jarak kurang lebih sekitarnya 9 meter.

Ruang Lingkup Rounders

Rounders merupakan sebuah permainan yang berasal dari negara Inggris, yang pertama kali dikeluarkan oleh A little Petty poketbook. Aturan dan cara main permainan rounders hampir sama seperti sebagaimana bermain kasti atau softball. Peralatannya juga sama, hanya bola dan juga pemukul bola. Untuk lebih jelasnya mari simak uraian berikut:

1. Dimainkan Oleh Dua Regu Atau Tim

Setiap pertandingan tentu ada yang namanya lawan, begitu juga dengan permainan rounders. Permainan ini akan dimainkan oleh dua regu sekaligus ada regu pemukul dan juga regu pelempar, setiap regu memiliki 12 pemain. Dari 12 pemain tersebut di setiap regunya enam menjadi pemain utama dan enam lagi menjadi pemain cadangan.

2. Teknik Yang Harus Diperhatikan Setiap Pemain

Dalam bidang apapun pasti memerlukan sebuah teknik untuk mendapatkan kemenangan dari bidang atau permainan tersebut, termasuk dalam permainan rounders. Para pemain, harus lihai dalam hal melempar bola, memukul, juga menangkap bola. Kecepatan berlari pun juga dibutuhkan dalam permainan tersebut.

3. Aturan Bermain

Aturan permainan juga perlu diketahui oleh setiap pemainnya agar tidak melakukan pelanggaran atau sebagainya. Seperti misalnya pemukul akan diberikan kesempatan tiga kali saat pukulan sebelumnya kurang tepat. Untuk bisa mengalahkan pemukul, pelempar bisa mengetik dan membakar base.

Sedang bagi pemukul yang sudah berhasil hinggap atau berhenti di satu base maka akan mendapatkan satu poin. Jika bisa melewati empat base dan kembali ke titik start maka akan mendapatkan tambahan dua nilai. Dalam satu permainan terdiri dari tujuh inning, hitungan inning ini ketika satu regu sudah menjadi pemukul dan pelempar.

Itu tadi adalah pembahasan dan juga contoh soal mengenai lapangan rounders berbentuk persegi lima. Juga penjelasan lain yang bisa memungkinkan para pengguna mengetahui lebih lanjut tentang permainan rounders. Meski tidak dijelaskan secara runtut badan tuntas namun barangkali sudah bisa menjawab rasa penasaran pengguna.