Jumlah Pemain Sepak Bola Adalah 11 Orang, Berikut Penjelasannya!

Dalam pelajaran penjaskes ada yang namanya olahraga sepak bola, permainan ini merupakan permainan yang banyak peminatnya. Lalu apakah siswa sudah tahu berapa jumlah pemain sepakbola yang diharuskan dalam satu tim. Adapun contoh soal juga keterangan lebih lengkap mengenai dunia sepakbola yang akan diuraikan pada penjelasan berikut:

Contoh Soal: Berapa jumlah pemain sepak bola?

Begini Jawaban Dan Juga Penjelasan mengenai Jumlah Pemain Dalam Tim Sepak Bola

Dalam pelajaran penjaskes biasanya yang dibahas juga tentang penjas atau jenis-jenis olahraga termasuk sepak bola. Nah bila siswa yang ingin mengikuti bidang olahraga, yakni sepak bola bukankah harus tahu dulu segala aturan pada permainan sepakbola. Melingkupi berapa jumlah pemain yang diharuskan dalam satu tim sepakbola tersebut.

Jumlah yang dibutuhkan dalam satu tim sendiri yakni berjumlah 11 pemain, jadi sebagai juga mengatakan juga bahwa nama lain olahraga ini adalah kesebelasan. Pertandingan sepak bola dalam satu permainan mengharuskan ada dua tim dan masing-masing pemain sesuai yang telah disebutkan. Jadi dalam satu pertandingan ada 22 pemain di dalamnya.

Aturan dalam permainan ini sendiri adalah untuk dapat memasukkan bola pada gawang sang lawan. Namun pemain juga harus berusaha mempertahankan gawang milik sendiri agar tak sampai kebobolan. Jadi dalam jumlah sebelas orang tersebut salah satunya menjadi penjaga gawang dan dibutuhkan juga kerja sama tim.

Dalam pertandingan sepak bola sendiri dilaksanakan dalam dua babak pertandingan. Satu babaknya akan dilakukan dalam tenggat waktu 45 menit jadi dalam dua babak pertandingan membutuhkan waktu sekitar 90 menit meski tidak dilakukan secara terus-menerus. Olahraga ini juga memiliki tim induk internasional maupun nasional, yakni FIFA dan PSSI untuk Indonesia.

Alasan Mengapa Jumlah Pemain Harus 11 Orang

Setiap sesuatu itu pasti terdapat awal mula yang menjadikan atau mengadakan aturan seperti itu. Lalu apa sejarahnya kenapa pemain harus sebelas orang saja, kenapa tidak lebih. Kemudian apa alasan yang sebagai dasar dari pemutusan jumlah pemain sepakbola harus berjumlah sekian, simak ulasannya berikut.

1. Meminimalisir Dana

Pada tahun 1870 keluar peraturan untuk jumlah setiap tim dalam permainan sepak bola. Bukan tanpa alasan, saat sebelum keluar peraturan ini, pemain dalam bisa mencapai 15 sampai 50 orang. Pengurangan jumlah pemain ini juga bertujuan agar dana yang dikeluarkan oleh klub bisa diminimalisir.

2. Agar Sepakbola Semakin Dikenal Dan Populer

Alasan lain dari pengurangan jumlah pemain ini adalah agar pertandingan menjadi menarik dan juga bisa populer. Manajer tim sepak bola ini berkeinginan agar permainan sepak bola bisa lebih dikenal masyarakat. Juga ingin permainan sepak bola bisa seperti atau melebihi permainan kriket yang memang sangat populer pada waktu itu.

3. Merupakan Hitungan Yang Ideal

Lalu kenapa pengurangan itu akhirnya harus berjumlah sebelas pemain, tidak kurang tidak lebih, ini juga memiliki alasannya sendiri. Sebab 22 orang merupakan hitungan yang ideal dalam satu lapangan tersebut. Jika dalam satu tim kurang dari jumlah tersebut maka, akibatnya pemain akan mudah kelelahan sebelum permainan berakhir.

Namun apabila dalam satu tim lebih dari 11 orang seperti pada permainan sebelumnya, maka nanti permainan tidak akan menarik. Tak akan menarik jika dalam satu lapangan berjumlah lebih dari hitungan tersebut. Pergerakan pemain juga nantinya tidak akan bisa leluasa.

Demikian adalah pembahasan tentang olahraga sepakbola mengenai berapa jumlah pemain sepakbola yang diharuskan saat ini. Asal-usul dari peraturan ini juga sudah dikemukakan di atas. Jadi dari sini siswa juga bisa lebih tahu dengan peraturan yang dimiliki oleh permainan yang satu ini.