Pembahasan Soal 1 Kg Berapa Ons Menggunakan Metode Tangga Konversi

Kilogram (kg) merupakan satuan berat resmi yang ditetapkan oleh Satuan Internasional (SI) untuk mengukur massa suatu benda. Terkadang perhitungan satuan kg bisa diubah menjadi satuan lain, seperti ons misalnya. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya menghitung secara pasti 1 kg berapa ons? Untuk itu pada artikel ini akan dijelaskan sebab musabab dari perhitungan tersebut beserta jawabannya.

Contoh soal: 1 kilo gram = berapa ons ya?

Pengertian Umum Satuan Berat Serta Perannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebelum menjawab pertanyaan mengenai 1 kg berapa ons, ada baiknya terlebih dahulu memahami dan mengerti tentang apa itu satuan berat. Tidak ada salahnya membahas ulang sebagai pengingat sebelum masuk pada inti utama. Satuan berat merupakan bagian pokok dalam cabang ilmu sains dan matematika yang digunakan sebagai pengukur massa benda. Tujuannya untuk memudahkan dalam penghitungan suatu massa.

Satuan berat memiliki peran yang cukup besar dalam setiap lini kehidupan. Tanpa adanya satuan berat, manusia akan kesulitan mengukur secara pasti massa benda yang ada. Contoh kasus sederhana dalam transaksi jual beli misalnya, satuan berat dipakai sebagai acuan untuk menentukan harga barang sejenis. Artinya setiap barang yang sama bisa memiliki harga berbeda tergantung beratnya.

Dari banyaknya satuan berat yang ada, Kilogram dan ons umum digunakan karena satuan tersebut berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Kilogram biasanya menandakan barang-barang yang memiliki muatan massa lebih besar, sementara ons berada di tingkat bawah setelah kilogram. Untuk bisa mengubah hitungan satuan berat dari kilogram ke ons, atau sebaliknya dibutuhkan sebuah metode perhitungan yang dinamakan tangga konversi.

Cara Mencari 1 Kg Berapa Ons Menggunakan Metode Tangga Konversi

Saat menempuh pendidikan di sekolah dahulu, pasti familiar dengan macam-macam satuan beserta cara mengkonversikannya. Dalam perhitungan sederhana, satuan baku dari masing-masing berat sudah ditentukan. Misalnya untuk menjawab 1kg diubah menjadi ons, sudah pasti jawabannya adalah 10 ons. Bagaimana bisa begitu? Tentu saja ada caranya, yakni menggunakan metode tangga konversi yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Buat Tangga Konversi yang Sesuai Urutan dengan Standar Hitungan Baku

Merubah satuan berat menggunakan tangga konversi bisa dilakukan untuk membantu penggunanya menentukan nilai massa dalam satuan yang sama. Pertama-tama, buat gambar model tangga dengan 7 anak tangga yang masing-masing diberi satuan. Urutannya sebagai berikut; kilogram, hektogram (ons), dekagram, gram, desigram, centigram, dan miligram.

2. Pahami Aturan Konversi Sederhana Dan Terapkan pada Satuan Berat yang Ingin Dirubah

Setelah berhasil membuat dan menyusun tangga konversi secara berurutan, selanjutnya pahami aturan utama dalam merubah jenis satuan. Untuk perhitungan satuan berat, ada dua hukum yang berlaku yakni, apabila ingin merubah satuan dari atas ke bawah, setiap turun satu tangga dikalikan 10. Begitu juga sebaliknya, jika ingin mengubah satuan dari bawah ke atas, setiap jarak satu tangga yang naik akan dibagi 10.

3. Lakukan Perhitungan

Jika sudah mengikuti tahapan di atas, menjawab pertanyaan terkait 1 kg berapa ons sudah bisa dilakukan. Perhatikan urutan tangga konversi pada poin satu, posisi kg dengan ons hanya berjarak satu tangga saja. Saat ini yang perlu dilakukan adalah merubah kilogram menjadi ons dengan menuruni 1 tangga, kemudian dikali 10. Sehingga jawabannya adalah 1×10 = 10 ons.

Dalam menghitung satuan berat, tangga konversi digunakan untuk menyamakan satuan massa yang berbeda menjadi lebih sederhana. Mungkin bagi yang tidak mengetahui cara menggunakan metode tersebut akan sedikit bingung, karena tidak memahami konsepnya dengan benar. Pada artikel ini telah dijelaskan cara merubah satuan berat menggunakan contoh kasus kg menjadi ons agar bisa dijadikan pedoman untuk perhitungan satuan berat lainnya.