Ikhlas Artinya? Jawaban dan Penjelasan Arti dari Ikhlas

Dalam menjalankan syariat agama, ikhlas menjadi landasan dasar dalam kehidupan. Ikhlas artinya perilaku seseorang saat mengerjakan sesuatu tanpa pamrih. Ikhlas perlu diterapkan dalam kehidupan dan juga kenali ciri-ciri dari ikhlas tersebut. Untuk lebih detailnya, ada contoh soal dan keterangan lengkap mengenai ikhlas yang akan diuraikan pada penjelasan sebagai berikut:

Contoh soal: Jelaskan Arti Ikhlas

Jawaban dan Penjelasan Arti dari Ikhlas

Sedari kecil selalu diingatkan bahwa dalam melakukan atau mengerjakan sesuatu haruslah ikhlas, tanpa mengharapkan imbalan dari orang lain. Sebenarnya apa arti ikhlas itu? Jika ditelaah, arti ikhlas dari kamus bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai hati yang tulus (Ketulusan Hati), sikap rela, dan Jujur (hati yang bersih).

Dalam bahasa Arab itu sendiri, ikhlas berasal dari kata khalasha yang memiliki pengertian yaitu tanqiyah asy-syai wa tahdzibuhu yang artinya membersihkan atau mengosongkan sesuatu. Sedangkan dari segi etimologi, ikhlas memiliki arti yaitu bersih (membersihkan).

Dan dari segi terminologi, ikhlas artinya yaitu sebuah kejujuran dalam keyakinan suatu hamba setiap mengerjakan sesuatu tanpa imbalan dan hanya menginginkan ridha dari Allah Swt. Arti ikhlas menurut para ahli yaitu Al-Ghazali, beliau menyebutkan bahwa ikhlas merupakan amal yang hanya dikerjakan karena mengharapkan imbalan atau ridha dari Allah Swt.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan ikhlas artinya adalah segala hal yang dikerjakan hanya diperuntukkan untuk Allah Swt. Mengharapkan keridhaan dari-Nya tanpa mengharapkan imbalan ataupun pujian dari makhluk yaitu manusia. Sehingga segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas akan menjadi pahala bagi yang mengerjakannya. Maka dari itu, awali semua hal dengan ikhlas.

Ciri-Ciri dari Perbuatan Ikhlas

Kini telah tahu bahwa ikhlas artinya sesuatu yang dikerjakan atau perbuatan dengan niat mengharapkan ridha dari Allah Swt. Setelah mengetahui arti dari ikhlas itu sendiri, mari mencari tahu bagaimana ciri-ciri dari perbuatan ikhlas. Berikut adalah penjelasannya:

1. Tidak Berambisi Demi Mendapatkan Sebuah Pujian

Pujian merupakan salah satu tanda ujian bagi orang-orang yang ingin mengerjakan amal kebaikan. Akan menjadi penyakit jika seseorang yang menerima pujian tersebut, yang dikenal dengan penyakit sombong atau ujub. Maka dari itu seseorang yang jika memang ikhlas melakukan sesuatu, tidak akan senang atau bersikap biasa saja jika dipuji manusia, karena semata hanya mengharapkan ridha dari Sang Maha Pencipta.

2. Mudah Menerima Masukan dan Nasehat

Ada sebuah pepatah Arab mengatakan: “Ambillah setiap pelajaran (hikmah) dari segala sesuatu meski dari mulut binatang. Orang yang ikhlas akan selalu menerima dan menghargai orang-orang yang memberinya nasihat.”

Jadi, apapun yang dikerjakan dan apapun takdir yang terjadi bisa baik maupun buruk, jadikanlah semua itu pelajaran hidup. Jika menerima nasihat dari seseorang baik itu muda maupun tua, tetap hargai. Karena nasihat bukan hanya sekedar memperingatkan semata tetapi itu karena seseorang tersebut telah mengalami masa itu.

3. Pujian maupun Hinaan Dianggap Sama

Seseorang yang mengerjakan suatu kebaikan itu bukan karena mengharapkan pujian dari orang lain. Karena menurutnya pujian itu dianggap sama dengan sebuah hinaan. Jadi, seseorang yang mengerjakan kebaikan jika dipuji ia tidak akan berbangga diri, begitu pula jika dihina. Seseorang yang dihina tidak akan merasa sakit hati karena jika yang dikerjakannya benar dan tidak keluar dari kaidah.

4. Tidak Mengungkit Perbuatan Baik Demi Diakui

Sama seperti penjelasan pada poin diatas tersebut. Seseorang yang mengerjakan segala sesuatu atau melakukan perbuatan baik, bukan semata ingin diakui atau dipuji. Karena yang hanya ia harapkan hanyalah keridhaan dari Allah Swt. Pujian dari manusia hanyalah sekedar ucapan semata tidak lebih dari yang apa Allah Swt berikan.

Menerapkan Perbuatan Ikhlas Dalam Kehidupan

Setelah mengetahui arti dari ikhlas dan juga ciri-ciri dari ikhlas tersebut, sekarang bagaimana menerapkan sikap/perbuatan ikhlas ke dalam kehidupan. Berikut adalah poin-poinnya:

  1. Meniatkan kembali awal tujuan mengerjakan perbuatan baik tersebut dan juga menguatkannya didalam hati. Karena jika tidak mengingat niat tersebut, dicemaskan nantinya perbuatan tersebut menjadi penyakit sombong bagi setiap orang yang mengerjakannya.
  2. Selalu hindari suudzon terhadap orang lain dan selalu berpikir positif. Hindarilah prasangka buruk terhadap niat seseorang, bisa jadi orang tersebut memang berniat baik menolong atau memuji bukan sekedar memuji agar menjadi sombong. Jika mendapatkan pujian, selalu ingat dan katakan bahwa “Semua itu sudah terjadi atas izin dari Allah Swt.”
  3. Menjadikan sebuah perjalanan pengalaman hidup tersebut adalah pelajaran. Pelajaran ke depan agar menjadi lebih baik dan lebih ikhlas lagi serta tidak mengulang kembali kesalahan tersebut.
  4. Bergaul dengan circle yang menuju kepada kebaikan, dengan orang yang bertakwa. Karena pengaruh dari circle pergaulan sangat mempengaruhi bagaimana seseorang tersebut dalam bersikap maupun bertindak.

Demikian, itulah tadi penjelasan perihal arti dari ikhlas, ciri-ciri ikhlas tersebut serta penerapan ikhlas dalam kehidupan. Intinya ikhlas artinya merupakan suatu perbuatan baik yang dilakukan hanya untuk mendapatkan ridha dan membuktikan tanda cinta kepada Allah Swt. Maka dari itu, semua perbuatan yang dilakukan mestilah didasari atas dasar keikhlasan.