Induk Organisasi Senam Indonesia adalah? Simak Jawabannya!

Definisi senam mengacu pada gerakan tertentu yang menggunakan badan baik itu menggeliat atau meregangkan tubuh. Sementara induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI yang memiliki kepanjangan Persatuan Senam Indonesia. Pertanyaan terkait organisasi ini sering masuk ke dalam contoh soal terlebih pada murid SD, untuk lebih jelas lagi simak ulasan berikut:

Contoh soal:  Apa induk organisasi senam di Indonesia?

Jawaban dan Pembahasan yang Berkaitan dengan Induk Organisasi Senam Indonesia

Sebenarnya senam sendiri cukup terkenal pada masyarakat luas karena dapat menjadi salah satu olahraga yang menyehatkan tubuh. Lebih lagi, di Indonesia senam sudah menjadi mata pelajaran jasmani yang wajib untuk dipelajari oleh murid. Selain menyehatkan, kebanyakan murid sangat menyukai materi senam dengan alasan yang beragam termasuk dilakukan di ruang terbuka.

Kegemaran akan senam ini melahirkan atlet-atlet atau pesenam berbakat yang mampu membawa Indonesia di kejuaraan bertaraf internasional. Dalam mempersiapkan pesenam, didirikanlah sebuah organisasi pusat tempat bernaung yaitu PERSANI pada tahun 1963 silam. Organisasi ini berdiri menjelang perhelatan pesta olahraga, GANEFO yang dilaksanakan di tahun serupa.

Sejarah Berdirinya Induk Organisasi Senam Indonesia

Seperti kalimat ringkas sebelumnya yang mengatakan bahwa PERSANI didirikan karena adanya ajang olahraga GANEFO, namun sejarah pembentukan juga perlu untuk dibahas. Agar lebih mengetahui, silahkan lihat beberapa urutan tahun yang menunjukkan asal-usul dari lahirnya senam di Indonesia sebagai berikut:

1. Tahun 1912

Senam pada awalnya masuk ke tanah air diperkirakan sejak zaman Belanda dan diperkenalkan sekitar tahun 1912. Pada tahun tersebut pula, senam ditetapkan sebagai materi dalam pendidikan jasmani yang merupakan mata pelajaran wajib.

2. Tahun 1918

Pada tahun ini, Dr. H. F. Minkema (perwira kesehatan) membuka sebuah les senam yang terletak di Malang. Dimana sistem yang diterapkan Swedia dan dibuat untuk para guru serta tentara.

3. Tahun 1922

Meskipun perwira kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya membuka kursus di Malang, tetapi kebanyakan orang mengetahui perkembangan senam berasal dari Bandung. Dimana kota Bandung membuka sekolah pertama yaitu Militaire Gymnastiek en Sporscholl (MGSS).

4. Tahun 1942

Kedatangan Jepang membuat senam yang sudah ada menjadi Taiso yang diiringi oleh suara dari radio secara serentak sebelum memulai pembelajaran. Hanya saja, Taiso tak berjalan lama sebab Indonesia merdeka sehingga senam bergaya Belanda kembali dengan modifikasi Indonesia.

5. Tahun 1963

Di tahun inilah senam yang sudah berkembang di Indonesia menginisiasi tokoh-tokoh olahraga tanah air membentuk PERSANI. Setelah terbentuk baru organisasi tersebut melakukan pembinaan atlet senam agar bisa menunjukkan bakat di perhelatan GANEFO I (1963).

6. Tahun 1967

Bisa dibilang pada tahun ini pesenam Indonesia mulai bangkit lagi dari kemunduran yang terjadi karena atmosfer politik 1965. Dimana senam berhasil masuk ke dalam cabang olahraga yang diperlombakan pada Pekan Olahraga Nasional atau PON (1969).

7. Tahun 1969

Perhelatan PON yang dilangsungkan di Surabaya pada tahun 1969 tampaknya membuahkan hasil dalam perkembangan senam. Tidak itu saja, senam juga berhasil menjadi penyumbang prestasi atlet di ajang bergengsi di luar negeri.

Tugas Induk Organisasi Senam Indonesia

Setelah mengetahui induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, tidak ada salahnya mengetahui sedikit tugas dari organisasi tersebut. Dimana tugas yang diemban oleh PERSANI lebih mengarah kepada persiapan menuju prestasi.

Disini nantinya akan dibangun agar terus berkembang maju, mulai dari pelatih, atlet, serta pembina senam yang ada di tanah air. Harapannya tentu supaya membuat dunia senam khususnya generasi lanjutan di Indonesia semakin terdepan.

Demikian ulasan contoh soal dan jawaban dari induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI beserta sejarah singkatnya. Semoga apa yang sudah dijabarkan dapat menambah pengetahuan lebih lagi terkait naungan senam di Indonesia.