Fathonah Artinya? Sifat Wajib Rasul Allah Yang Wajib Diketahui

Rasulullah memiliki empat sifat wajib diantaranya fathonah, tabligh, Amanah dan sidiq. Adapun yang akan dijelaskan pada artikel ini yakni sifat wajib Rasul fathonah, fathonah artinya cerdas. Seorang Rasul dan nabi yang menjadi pilihan Allah SWT pasti memiliki sifat yang fathonah. Adapun uraian terkait dengan sifat – sifat wajib Rasul sebagai berikut:

Soal: Fathonah artinya

Jawaban Dan Penjelasan Pembagian Sifat Yang Dimiliki Rasul

Seorang nabi serta Rasul adalah utusan, mereka diberikan wahyu oleh Allah secara khusus. Perbedaannya nabi tidak wajib dalam menyebarluaskan wahyu tersebut, sedangkan Rasul wajib menyebarluaskan wahyu tersebut pada umat manusia. Sehingga sifat yang melekat pada Rasul ini juga memiliki kegunaan sebagai alat untuk menyebarluaskan ajaran islam di tengah – tengah kaum.

Setelah mengetahui pengertian dan tugas seorang Rasul maka, seorang Rasul memiliki pembagian sifat menjadi 3:

1. Sifat wajib

Semua sifat ini harus ada pada seorang Rasul, bisa dikatakan sifat yang melekat pada diri seorang Rasul. Sifat wajib Rasul sendiri dibagi menjadi 4 sifat. Adapun yang termasuk kedalam sifat wajib Rasul sebagai berikut.

  • Fathonah artinya cerdas, seorang Rasul memiliki sifat yang cerdas untuk menyampaikan suatu ajaran Allah SWT. Kecerdasan yang dimiliki oleh Rasul akan membantu Rasul dalam memberikan argumen serta menyelesaikan masalah.
  • Tabligh yang berarti menyampaikan, dalam hal ini sudah bagian dari tugas Rasul untuk menyebarluaskan ajaran islam. Sifat tablig ini menjadikan Rasul senantiasa mengajarkan dan menyampaikan wahyu yang diturunkan kepadanya.
  • Amanah yang artinya dapat dipercaya, seorang Rasul memiliki sifat dapat dipercaya terhadap apa yang disampaikannya. Sehingga apapun yang disampaikan adalah kebenaran.
  • Siddiq artinya jujur, Rasul selalu menyampaikan sesuai dengan perintah Allah. Seorang Rasul selalu jujur dalam perkataan dan perbuatannya, sesuai kebenaran dan fakta.

2. Sifat Mustahil (tidak mungkin)

Sifat mustahil ini menolak dari sifat wajib yang dimiliki Rasul, mudahnya sifat ini akan menolak yang sifat wajib. Adapun karena sifat ini bertolak belakang dengan sifat wajib maka yang termasuk dalam sifat ini juga terbagi menjadi 4. Simak uraian dibawah terkait penjelasannya:

  • Baladah yang berarti bodoh, sifat ini termasuk mustahil dimiliki Rasul karena Rasul Allah pastilah cerdas dalam menyampaikan sebuah ajaran.
  • Khidmat yang berarti menyembunyikan, sifat ini tidak mungkin dimiliki Rasul karena Rasul selalu menyampaikan wahyu Allah pada umat manusia.
  • Khianat yang berarti tidak dapat dipercaya, seorang Rasul tidak akan mungkin berkhianat kepada Allah dan apa yang wahyukan kepadanya.
  • Kadzdzab yang berarti berbohong, seorang Rasul tidak mungkin memiliki sifat berbohong terhadap perkataan yang disampaikan.

3. Sifat Jaiz

Yakni sifat yang dimiliki Rasul seperti manusia pada umumnya. Sifat yang termasuk di dalamnya seperti minum, makan, mandi, tidur dan lain sebagainya. Sehingga sifat ini seperti kegiatan keseharian manusia pada umumnya.

Sifat jaiz Rasul ini menjadikan seorang Rasul Allah juga bisa sakit dan sehat, kaya dan miskin dan lain – lain. Walaupun memiliki sifat jaiz tapi Rasul merupakan orang – orang pilihan Allah yang akan senantiasa taat dan patuh pada apa yang disampaikan Allah. Sehingga sebagai seorang muslim hendaknya meneladani sifat – sifat Rasul.

Demikian uraian terkait dengan sifat – sifat yang dimiliki Rasul Allah serta terkait dengan pengetahuan tentang sifat fathonah artinya apa yang telah dijelaskan diatas. Semoga dengan mengetahui dan mempelajari sifat Rasul tersebut maka akan meningkatkan keimanan. Serta memberikan semangat untuk mencontoh sifat – sifat Rasul Allah perkataan maupun tingkah laku dalam kehidupan sehari – hari termasuk dalam bermasyarakat.