Allah Maha Esa Artinya? Salah Satu Sifat Allah dalam Asmaul Husna

Sebagai seorang muslim pastinya wajib meyakini keesaan AllAh SWT. Allah maha esa artinya Allah pemilik satu – satunya dzat yang wajib disembah, tidak ada satupun dzat yang menyamainya. Sifat tersebut masuk dalam asmaul husna yang wajib diketahui oleh seorang muslim. Adapun penjelasan secara rinci dan jelaskan dijelaskan sebagai berikut:

Soal: Allah maha esa Artinya

Jawaban Dan Penjelasan Arti Dari Allah Maha Esa

Dalam asmaul husna dan beberapa ayat Al – Quran disebutkan bahwa allah memiliki sifat yang satu. Sifat Keesaan Allah SWT ini bermakna Allah satu dalam sifat dan dzat, tidak ada yang menyamai. Adapun dalam asmaul husna disebutkan bahwa Allah maha esa adalah arti dari asmaul husna al – wahid yang berarti satu.

Keesaan allah ini menjadikanNya satu – satunya dzat yang harus dan wajib disembah, Allah lah sebagai satu – satunya Tuhan yang disembah. Sehingga Keesaan Allah itu bermakna Allah tunggal dan satu. Makna luasnya berarti allah memiliki sifat dan perbuatan yang satu juga, yakni tidak akan ada yang menyamai maupun menandingi.

Surat Dalam Al – Quran Tentang Keesaan Allah SWT

Beberapa surat dalam Al – Quran menjelaskan keesaan Allah SWT, salah satunya adalah Surat Al – Ikhlas. Adapun di dalam surat Al -Ikhlas menerangkan terkait dengan keesaan Allah, yang mana allah adalah satu – satunya tempat meminta serta berharap. Allah SWT sendiri tidak beranak dan tidak diperanakkan, sehingga allah ini berdiri sendiri.

Makna keesaan Allah yang ada didalam surat Al – Ikhlas menjadikan disenangi Allah, begitupun bagi yang membaca dan mengamalkan surat tersebut. Sehingga dianjurkan untuk sering dalam membaca dan mengamalkan surat Al – Ikhlas, dikarenakan surat tersebut akan mendekatkan pada Allah SWT. Berdasarkan hal tersebut selain mengajarkan makna keesaan Allah, surat Al – Ikhlas juga mengandung banyak kebaikan.

Makna Allah Maha Esa

Keesaan Allah ini memberikan tiga makna yang bisa diketahui dan dipahami. Sehingga makna ini bisa menjelaskan secara singkat terkait arti Allah yang Maha Esa. Adapun makna Allah maha esa memiliki 3 hal yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Allah maha esa artinya Allah esa pada zat-Nya. Sehingga Allah tidak tersusun dari banyak bagian, yang artinya Allah tidak punya sekutu.
  • Allah maha esa pada sifatNya yang berarti tidak ada makhluk apapun yang bisa menyamai dan menyerupai sifat Allah.
  • Allah Esa pada perbuatan-Nya, yang artinya segala macam perbuatan Allah tidak ada yang bisa menandingi dan menyerupai.

Sehingga tiga hal yang diuraikan diatas dapat diambil pelajaran bahwa Allah esa dalam hal dzat, sifat serta perbuatan. Tidak ada yang bisa dan sanggup menyamai ketiga hal yang dimiliki oleh Allah SWT siapapun itu termasuk makhluk. Sehingga hal tersebut menjadikan Allah satu – satunya tidak ada yang kedua bahkan ketiga dan seterusnya.

Penjelasan terkait dengan Allah maha esa ini memberikan beberapa manfaat yakni sebagai manusia tempat bergantung dan meminta hanyalah Allah semata. Wajib bagi seorang muslim dalam meyakini keesaan Allah SWT sebagai wujud dari ketauhidan yang dimiliki. Sehingga hal tersebut akan menambah keimanan seorang muslim dalam beribadah kepada Allah.

Demikian uraian terkait Allah maha esa artinya apa yang bisa dipahami dan dicermati oleh seorang yang beragama islam. Semoga artikel diatas dapat memberikan sedikit wawasan terkait keesaan Allah dan makna yang terkandung didalamnya. Sehingga keimanan yang dimiliki akan semakin bertambah dan meningkat seiring berjalannya waktu.