Al Matin Artinya Dalam Asmaul Husna, Keutamaan dan Contoh Meneladaninya

Asmaul husna merupakan salah satu pelajaran agama yang harus dipahami oleh seorang muslim. Allah memiliki beberapa nama-nama baik dalam asmaul husna. Dari 99 nama yang dimiliki, salah satunya adalah Al Matin. Asma Allah Al Matin artinya adalah Yang Maha Teguh, Untuk memahami lebih lanjut mengenai sifat ini berikut ini contoh soal dan juga penjelasannya.

Contoh Soal:  Jelaskan apa yang dimaksud Al Matin?

Jawaban dan Pengertian Al Matin Dalam Asmaul husna

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda bahwa Allah memiliki nama-nama baik yang jumlahnya ada 99. Keseluruhan nama tersebut dikenal dengan asmaul husna. Terdapat keutamaan yang akan didapatkan nama-nama baik yang ada dalam asmaul husna.Selain itu tujuan memahami asmaul husna adalah agar manusia menyadari hakikat dirinya dan mengimani kebesaran dan keagungan Allah.

Seorang hamba juga bisa menggunakan nama tersebut ketika berdoa kepada Allah. Hal tersebut sebagaimana telah disebutkan dalam ayat ke 180 surat al A’raf. Allah berfirman dengan memerintahkan hambanya untuk berdoa dengan menyebut asmaul husna.

Salah satu asma Allah dalam asmaul husna adalah Allah Al Matin. Asma Allah Al Matin artinya adalah Yang Maha Teguh. Allah selalu teguh dan kuat baik hari ini, esok dan selamanya. Maksud dari Al Matin ini adalah bahwa tidak ada satupun yang ada di dalam ini yang mampu menyamai Allah. Kesempurnaan dan kekuatan Allah adalah mutlak.

Keutamaan Dari Asmaul Husna Al Matin

Dari asma Allah Al Matin, dapat dipahami bahwa Allah memiliki sifat yang teguh dan kuat. Sifat tersebut akan membuat seorang hamba merasa aman berlindung kepada Allah. Allah akan selalu melindungi hambanya dan memberikan pertolongan kepada hambanya tanpa kesulitan sedikitpun.

Ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan dari asmaul husna tersebut. Sebagai seorang muslim yang meyakini asma Allah Al Matin maka akan selalu teguh dalam pendirian dan tidak mudah goyah. Keutamaan lain dari asma Allah adalah dapat digunakan sebagai dzikir dan doa.

Salah satunya adalah dengan menyebut ‘ya Matiin’ sebanyak 500 kali. Niscaya hal tersebut akan membantu manusia menjadi lebih baik. Manusia yang meyakini Al Matin juga tidak akan berbuat semena-mena selama hidup di dunia. Dengan demikian maka manusia akan merasa rendah dihadapan Allah dan tidak akan menyombongkan diri di dunia.

Cara Meneladani Al Matin

Asma Allah Al Matin artinya Yang Maha Teguh, dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Allah adalah Maha Kuasa dan memiliki kekuatan yang sangat besar. Dengan demikian Allah tidak membutuhkan bantuan apapun dari makhluk. Sebab makhluk lah yang membutuhkan Allah.

Hal tersebut menunjukkan betapa lemahnya manusia dan tidak memiliki daya apapun yang dapat disombongkan. Seseorang yang meneladani asmaul husna Al Matin ini akan tercermin dalam setiap perilakunya. Berikut ini adalah beberapa contoh perbuatan yang mencerminkan meneladani sifat Al Matin:

  • Hanya merasa takut kepada Allah. Sebagai hamba yang mengimani Al Matin maka tidak akan merasa gentar pada makhluk sebab ada Allah Yang Maha Teguh.
  • Menggantungkan semuanya hanya kepada Allah.
  • Tidak mudah menuruti hawa nafsu dan selalu mengingat Allah ketika melakukan apapun.
  • Memiliki etos kerja yang tinggi.
  • Tidak berlaku sombong di atas bumi, sebab manusia itu lemah dan segala kekuatan hanya milik Allah.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai Al Matin, keutamaan dan juga cara meneladani asma  Allah tersebut. Al Matin artinya Yang Maha Teguh yang mana dengan memahami asma Allah tersebut dapat meningkatkan keimanan kepada Allah. Sebagai seorang muslim juga harus meneladani asma Allah tersebut dan mempraktekannya dalam setiap perbuatan sehari-hari.