Al Akhir Artinya, Berikut Keutamaanya dan Contoh Meneladaninya

Allah memiliki nama-nama baik yang berisi kemuliaan dan kesempurnaan sifatNya. Al Akhir artinya adalah Yang Maha Akhir adalah salah satunya.  Dengan mengimani nama baik Allah tersebut artinya meyakini bahwa Allah adalah akhir segalanya dan tidak ada apapun setelah Allah. Adapun contoh soal dan keterangan lebih lengkap mengenai ittiba diuraikan dalam penjelasan berikut:

Contoh Soal: Jelaskan Maksud Asmaul Husna Al Akhir!

Jawaban dan Penjelasan Mengenai Al Akhir Dalam Asmaul Husna

Mempelajari nama-nama baik Allah adalah hal yang harus dilakukan seorang muslim. Dengan memahaminya dapat meningkatkan keimanan kepada Allah dengan semua kesempurnaan dan kemuliaan-Nya. Nama-nama baik tersebut disebut dengan asmaul husna.Dalam setiap nama tersebut mengandung sifat dan kesempurnaan Allah. Sebagai seorang muslim perlu untuk memahami keseluruhan nama-nama tersebut dan meneladaninya.

Selain itu tujuan memahami asmaul husna adalah agar manusia menyadari hakikat dirinya dan mengimani kebesaran dan keagungan Allah. Seorang hamba juga bisa menggunakan nama tersebut ketika berdoa kepada Allah. Hal tersebut sebagaimana telah disebutkan dalam al Quran dimana Allah berfirman untuk memerintahkan para hambanya berdoa dengan menyebut asmaul husna.

Salah satu nama baik Allah adalah Al Akhir. Al Akhir artinya adalah Yang Maha Akhir. Maksud dari asmaul husna tersebut menunjukkan keabadian Allah. Setelah Allah tidak satupun makhluk yang ada di muka bumi, Allah menjadi yang terakhir dari segalanya. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam surat al Hadid ayat 3.

Dengan mengimani Al Akhir maka sebagai hamba akan menjadikan Allah sebagai tujuan hidupnya. Sebab Allah adalah akhir dari segalanya, segala sesuatu akan bermuara kepada Allah. Oleh sebab itu hanya kepada Allah saja manusia dapat berharap.

Sebab hakikatnya semua makhluk tidak akan yang abadi. Hanya Allah saja yang kekal abadi dan tidak dapat ditandingi oleh apapun. Dengan demikian manusia tidak akan berbuat sesuka hatinya selama di dunia sebab memahami tidak ada yang abadi dan semuanya akan kembali kepada Allah.

Contoh Meneladani Asmaul husna Al Akhir

Dari asmaul husna Al Akhir yang artinya Maha Akhir, dapat diambil kesimpulan bahwa di dunia ini semuanya fana. Hal tersebut menunjukkan betapa lemahnya manusia dan tidak memiliki daya apapun yang dapat disombongkan. Dengan demikian seseorang yang meneladani asmaul husna Al Akhir ini akan tercermin dalam setiap perilakunya seperti berikut:

  • Menjalankan perintah dan menghindari semua larangan Allah. Hal ini bertujuan agar manusia terhindar dari murka Allah dan juga siksa api neraka. Sebagai hamba yang lemah sudah menjadi kewajiban untuk selalu menjalankan semua perintah yang telah ditetapkan oleh Allah dan tidak sekali-kali untuk melanggar larangan Allah.
  • Tidak sombong sebab menyadari bahwa manusia itu lemah. Al Akhir artinya Maha Akhir yang artinya adalah Allah sebagai akhir dari segalanya, hanya Allah yang kekal sedangkan makhluk adalah fana.
  • Tidak menjadikan dunia sebagai tujuan hidup, sebab memahami bahwa tidak ada satupun yang akan kekal abadi di dunia selain Allah. Oleh sebab itu sebagai muslim seharusnya menjadikan Allah sebagai satu-satunya tujuan.
  • Melakukan semua aktivitas diniatkan untuk Allah semata dan tidak mengharapkan balasan dari makhluk.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai Al Akhir. Sebagai seorang muslim maka wajib untuk mengimani semua asmaul husna dan meneladaninya dalam kehidupan. Salah satunya adalah Al Akhir, Al Akhir artinya adalah Yang Maha Akhir. Dengan mengimani asmaul husna tersebut diharapkan manusia dapat memahami bahwa tiada yang kekal di dunia ini selain Allah.